Simanjuntak, Nathalya (2025) PENGARUH KOMPETENSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANGKO. S-2 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.
![]() |
Text (BAB 1)
Tesis Lya-BAB 1_merged.pdf - Published Version Download (599kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
Tesis Lya-BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
Tesis Lya-BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
Tesis Lya-BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
Tesis Lya-BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) | Request a copy |
Abstract
Nathalya Simanjuntak, Pengaruh Kompetensi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bangko, dibawah bimbingan Bapak Dr. Djatmiko Noviantoro, SE, M.Si dan Ibu Dr. Ir. Hj. Yusro Hakimah, M.M Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengetahui dan membuktikan pengaruh kompetensi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bangko dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Sampel yang dipilih berjumlah 70 (tujuh puluh) pegawai. Analisis data menggunakan metode analisis Structural Equation Model (SEM) yang dioperasikan menggunakan program Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Kompetensi (X1) berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja pegawai (Y), terlihat dari original sample yang positif (0.809), nilai T-Statistik sebesar (10.845 ≥ 1,96), dan hasil nilai P-Value adalah (0,000 ≤ 0,05). Lingkungan Kerja (X2) berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja pegawai (Y), terlihat dari original sample yang positif (0.189), nilai T-Statistik sebesar (2.386 ≥ 1,96), dan hasil nilai P-Value adalah (0,017 ≤ 0,05). Kompetensi (X1) berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Z), terlihat dari original sample yang positif (0.537), nilai T-Statistik sebesar (3.425 ≥ 1,96), dan hasil nilai P-Value adalah (0,001 ≤ 0,05). Lingkungan Kerja (X2) secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai (Z), terlihat dari original sample yang negatif (-0.082), nilai T-Statistik sebesar (1.255 ≤ 1,96), dan hasil nilai P-Value adalah (0,210 ≥ 0,05). Kepuasan kerja pegawai (Y) berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Z), terlihat dari original sample yang positif (0.514), nilai T-Statistik sebesar (3.196 ≥ 1,96), dan hasil nilai P-Value adalah (0,001 ≤ 0,05). Kompetensi (X1) berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Z) dengan kepuasan kerja pegawai (Y) sebagai variabel intervening, terlihat dari original sample yang positif (0.416), nilai T-Statistik sebesar (3.291 ≥ 1,96), dan hasil nilai P-Value adalah (0,001 ≤ 0,05). Lingkungan Kerja (X2) tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai (Z) dengan kepuasan kerja pegawai (Y) sebagai variabel intervening, terlihat dari original sample yang positif (0.097), nilai T-Statistik sebesar (1.642 ≤ 1,96), dan hasil nilai P-Value adalah (0,101 ≥ 0,05). Nilai R2 untuk variabel laten kepuasan kerja pegawai sebagai variabel intervening sebesar 0,967 yang artinya nilai tersebut mengidentifikasi bahwa variasi kepuasan kerja pegawai dapat dijelaskan oleh variabel laten eksogen (kompetensi dan lingkungan kerja) sebesar 96,7%, sedangkan sisanya sebesar 3.3% dijelaskan oleh variabel lain. Nilai R2 untuk variabel laten kinerja pegawai sebesar 0,945 yang artinya nilai tersebut mengidentifikasi bahwa variasi kinerja pegawai dapat dijelaskan oleh variabel eksogen sebesar 94,5% sedangkan sisanya sebesar 5,5% dijelaskan oleh variabel yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Dari model yang dibangun dan hasil uji hipotesis yang dilakukan, maka dapat disarankan bagi Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bangko, untuk lebih meningkatkan perhatian kepada faktor-faktor yang menjadi nilai rendah pada penelitian yaitu aspek tata warna yang dapat menunjang konsentrasi dan semangat bekerja pegawai, kemudian aspek kenyamanan dan keamanan pegawai lebih diperhatikan guna antisipasi ancaman verbal maupun fisik, kebijakan anti diskriminasi, dan komunikasi terbuka untuk membangun kepercayaan dan rasa aman secara emosional. Kata kunci : Kompetensi, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai
Item Type: | Thesis (S-2) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Magister Manajemen > Manajemen SDM |
Depositing User: | Ny NATHALYA SIMANJUNTAK |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 01:42 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 01:42 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/10098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |