Pahlevi, M. Reza (2025) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PRODUK NPK KOMERSIL PT PUPUK SRIWIDJAJA PALEMBANG). S-2 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.
![]() |
Text (BAB I)
Thesis M. Reza Pahlevi 245241025 - BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II)
Thesis M. Reza Pahlevi 245241025 - BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
Thesis M. Reza Pahlevi 245241025 - BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
Thesis M. Reza Pahlevi 245241025 - BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (522kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
Thesis M. Reza Pahlevi 245241025 - BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk NPK Komersil PT Pupuk Sriwidjaja Palembang dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Populasi penelitian ini adalah end user yaitu rumah tangga maupun petani usaha pertanian tanaman pangan pembeli pupuk NPK Komersil Pusri di Sumatera Selatan dengan jumlah sampel 100 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan metode analisis Structural Equation Model (SEM) yang dioperasikan melalui program Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan Produk NPK Komersil PT Pupuk Sriwidjaja Palembang dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. dengan persamaan Y = 0.541X1 + 0.365X2 + ε1 dan persamaan Z = 0.290X1 + 0.148X2 + 0.493Y + ε2. Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian ditunjukkan dari nilai T-statistik sebesar 8,341 dan P-Value sebesar 0,000 < 0,05. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian ditunjukkan dari nilai T-statistik sebesar 4,992 dan P-Value sebesar 0,000 < 0,05. Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan ditunjukkan dari nilai T-statistik sebesar 3,930 dan P-Value sebesar 0,000 < 0,05. Promosi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan ditunjukkan dari nilai T-statistik sebesar 2,023 dan P-Value sebesar 0,054 > 0,05. Keputusan Pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan ditunjukkan dari nilai T-statistik sebesar 8,179 dan P-Value sebesar 0,000 < 0,05. Nilai R² untuk variabel laten Loyalitas Pelanggan sebesar 0,535 yang artinya nilai tersebut mengidentifikasi 53,5% sedangkan sisanya sebesar 46,5% dijelaskan oleh variabel yang tidak terdapat dalam penelitian. Semakin besar angka R-square menunjukan semakin besar variabel independen tersebut dapat menjelaskan variabel dependen sehingga semakin baik persamaan strukturalnya. Dari model yang dibangun pada penelitian ini, dan dari hasil uji hipotesis menggunakan Smart-PLS, maka dalam rangka meningkatkan Loyalitas Pelanggan NPK Komersil, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang harus senantiasa menjaga dan meningkatkan Kualitas Produk, serta meningkatkan kegiatan Promosi yang lebih efektif dan merata. Sehingga pelanggan merasa puas dengan kualitas produk pupuk Pusri dan percaya terhadap citra perusahaan, serta membuat konsumen lebih tertarik untuk menggunakan dan melakukan pembelian pupuk yang dihasilkan Pusri. Kata Kunci: Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian, Loyalitas Pelanggan
Item Type: | Thesis (S-2) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Depositing User: | Tn M. Reza Pahlevi |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 06:29 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 06:29 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/10179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |