RAMA, RONI (2025) DESAIN APARATUS MOTOR BAKAR PENGGERAK GENERATOR DENGAN VARIASI BEBAN. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.
![]() |
Text (BAB I)
BAB I._.pdf - Published Version Download (465kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (581kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (521kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (539kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja motor bakar bensin sebagai penggerak generator listrik dengan variasi beban. Motor bakar sering digunakan dalam skala kecil sebagai sumber energi alternatif, khususnya di daerah yang belum terjangkau listrik PLN. Namun, efektivitas penggunaan motor bakar sebagai penggerak generator sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya beban listrik yang digunakan. Dalam penelitian ini, dilakukan pengujian eksperimental dengan variasi beban listrik yaitu 50 Watt, 100 Watt, 150 Watt, 200 Watt, 250 Watt, dan 300 Watt. Parameter yang diukur meliputi putaran motor (RPM), konsumsi bahan bakar, durasi waktu operasi, daya keluaran listrik, serta efisiensi energi dan konsumsi bahan bakar spesifik (Specific Fuel Consumption/SFC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan beban berbanding lurus dengan peningkatan konsumsi bahan bakar dan penurunan waktu operasi. Beban 50 Watt menghasilkan efisiensi energi tertinggi, namun tidak optimal dalam memanfaatkan potensi maksimal motor dan generator. Sementara itu, efisiensi sistem mulai menurun pada beban di atas 200 Watt karena konsumsi bahan bakar meningkat secara signifikan, dan durasi operasi menurun drastis. Beban optimal ditemukan pada kisaran 100–150 Watt, di mana efisiensi energi relatif stabil dan konsumsi bahan bakar masih tergolong ekonomis. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan motor bakar sebagai penggerak generator paling efisien pada beban menengah. Informasi ini dapat menjadi acuan bagi pengguna di lapangan untuk menentukan beban optimal agar konsumsi bahan bakar lebih hemat dan umur mesin lebih panjang. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam pengembangan sistem pembangkit kecil yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Kata Kunci: Motor bakar bensin, generator listrik, variasi beban, efisiensi energi, konsumsi bahan bakar, Specific Fuel Consumption (SFC)
Item Type: | Thesis (S-1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Tn RONI RAMA |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 05:55 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 05:55 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/10229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |