Peran Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Inovasi Layanan Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara (Studi pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Palembang)

Kurniawan, Indra (2025) Peran Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Inovasi Layanan Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara (Studi pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Palembang). S-2 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (Bab 1)
Bab I_compressed.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan inovasi layanan terhadap kinerja aparatur sipil negara (ASN), dengan reformasi birokrasi sebagai variabel mediasi. Studi dilakukan pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Palembang, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 33 responden yang merupakan ASN. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi SDM berpengaruh terhadap kinerja ASN; (2) inovasi layanan tidak berpengaruh terhadap kinerja ASN; (3) kompetensi SDM tidak berpengaruh terhadap reformasi birokrasi; (4) inovasi layanan berpengaruh terhadap reformasi birokrasi; (5) reformasi birokrasi berpengaruh terhadap kinerja ASN; (6) reformasi birokrasi tidak memediasi pengaruh kompetensi SDM terhadap kinerja ASN; dan (7) reformasi birokrasi memediasi pengaruh inovasi layanan terhadap kinerja ASN. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan pentingnya reformasi birokrasi sebagai jalur strategis dalam memperkuat pengaruh inovasi layanan terhadap kinerja ASN. Namun, kompetensi SDM belum sepenuhnya termanfaatkan melalui mekanisme reformasi yang ada. Penelitian ini memberikan implikasi bagi peningkatan kualitas ASN melalui inovasi layanan dan perencanaan reformasi birokrasi yang terintegrasi dan berkelanjutan. Kata kunci: Kompetensi SDM, Inovasi Layanan, Reformasi Birokrasi, Kinerja ASN, Mediasi

Item Type: Thesis (S-2)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Magister Manajemen > Manajemen SDM
Depositing User: Tn INDRA KURNIAWAN
Date Deposited: 25 Aug 2025 01:25
Last Modified: 25 Aug 2025 01:25
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/10259

Actions (login required)

View Item View Item