Kusiawan, Ivan (2025) KARAKTERISTIK KINERJA MOTOR BAKAR BENSIN 4-TAK PADA VARIASI BEBAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP TEMPERATUR GAS BUANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.
![]() |
Text (BAB 1)
bab 1.pdf - Published Version Download (933kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
bab 2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (483kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
bab 3.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
bab 5.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performa motor bakar bensin 4-tak berbahan bakar Pertalite berdasarkan pengaruh variasi beban dan volume bahan bakar terhadap parameter kinerja termal, konsumsi bahan bakar spesifik (SFC), efisiensi termal, serta temperatur dan emisi gas buang. Pengujian dilakukan secara eksperimental menggunakan sistem dynamometer tipe rope brake dengan variasi beban sebesar 4 kg hingga 8 kg, dan tiga volume bahan bakar yaitu 50 ml, 60 ml, dan 70 ml. Parameter yang diukur meliputi torsi, putaran mesin, konsumsi bahan bakar, temperatur gas buang, serta kandungan emisi CO dan HC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan beban secara umum meningkatkan torsi dan daya motor serta menurunkan nilai SFC, yang menunjukkan efisiensi penggunaan bahan bakar yang lebih baik pada beban tinggi. Volume bahan bakar 50 ml menunjukkan performa termal paling efisien dengan nilai SFC dan emisi yang relatif lebih rendah dibandingkan volume lainnya. Temperatur gas buang meningkat secara linier terhadap kenaikan beban, dengan temperatur tertinggi tercatat pada volume bahan bakar 70 ml. Hasil emisi menunjukkan kandungan CO sebesar 3,11% dan HC sebesar 369 ppm, yang masih berada di bawah ambang batas baku mutu Permen LHK No. 8 Tahun 2023. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa performa optimal motor bakar dicapai pada kombinasi beban tinggi dan volume bahan bakar yang seimbang. Efisiensi termal dan lingkungan dapat ditingkatkan melalui pengaturan suplai udara dan bahan bakar yang lebih tepat. Penelitian ini memberikan dasar teknis bagi pengembangan sistem motor bakar efisien berbasis eksperimen laboratorium. Kata kunci: motor bensin 4-tak, beban, volume bahan bakar, efisiensi termal, konsumsi bahan bakar spesifik, temperatur gas buang, emisi.
Item Type: | Thesis (S-1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Tn IVAN KUSIAWAN |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 06:30 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 06:35 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/10330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |