Saputra, Wahyu Dimas (2025) ANALISIS PENGARUH WORD OF MOUTH, HARGA DAN VISUAL ESTETIK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GAME A SPACE FOR THE UNBOUND. S-1 thesis, 021008.
![]() |
Text (Cover)
01 Cover TTD_compressed.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (Kata Penghantar)
Kata Penghantar.pdf - Published Version Download (700kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
04 Abstrak Riwayat Hidup.pdf - Published Version Download (225kB) |
![]() |
Text (BAB I)
05 BAB I + Dapus.pdf - Published Version Download (413kB) |
![]() |
Text (BAB II)
06 BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (772kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
07 BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (556kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
08 BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (685kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V + Lampiran)
09 BAB V + Lampiran_compressed.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Word of Mouth, Harga, dan Visual Estetik terhadap keputusan pembelian game A Space for the Unbound. Game ini merupakan karya pengembang lokal Indonesia yang berhasil menarik perhatian pasar global melalui cerita yang kuat dan visual bergaya pixel art yang unik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, di mana data diperoleh dari 56 responden anggota komunitas Discord yang telah memainkan dan/atau membeli game tersebut. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive samppling, dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, Word of Mouth, Harga, dan Visual Estetik berpengaruh signifikan sebesar 68,1% terhadap keputusan pembelian. Namun secara parsial, hanya Word of Mouth dan Harga yang berpengaruh signifikan, sementara Visual Estetik tidak berpengaruh signifikan. Word of Mouth menjadi faktor yang paling dominan dalam memengaruhi Keputusan Pembelian Game A Space For The Unbound dengan persentasi pengaruh sebesar 31,9%. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami perilaku konsumen di industri game digital serta memberikan masukan bagi pengembang game lokal untuk mengoptimalkan strategi pemasaran mereka melalui pendekatan komunitas dan penetapan harga yang tepat. Kata Kunci: Word of Mouth, Harga, Visual Estetik, Keputusan Pembelian, Game Lokal.
Item Type: | Thesis (S-1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HG Finance N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen |
Depositing User: | Tn WAHYU DIMAS SAPUTRA |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 03:17 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 03:17 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/10496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |