ANALISIS STABILITAS CAMPURAN BERASPAL LASTON AC-WC DENGAN BAHAN TAMBAH SERBUK KARET BAN BEKAS (CRUMB RUBBER)

Fajri Andartha, M (2021) ANALISIS STABILITAS CAMPURAN BERASPAL LASTON AC-WC DENGAN BAHAN TAMBAH SERBUK KARET BAN BEKAS (CRUMB RUBBER). S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II FAJRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
BAB III FAJRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
BAB IV FAJRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
BAB V FAJRI Gabungan-dikompresi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Secara umum jalan dibangun sebagai prasarana untuk memudahkan mobilitas dan aksebilitas kegiatan sosial ekonomi dalam masyarakat. Keberadaan jalan raya sangatlah diperlukan untuk menunjang laju pertumbuhan ekonomi, pertanian serta sektor lainnya. bertambahnya volume kendaraan bermotor dari tahun ke tahun hal inilah yang menyebabkan tingginya volume lalu lintas, mengakibatkan kerusakan pada jalan dan waktu tempuh perjalanan menjadi tidak sesuai rencana, peneliti bermaksut untuk menambahkan serbuk karet ban bekas (crumb rubber) kedalam campuran laston AC-WC untuk menambah tingkat elastisitas dan keawetan campuran laston AC-WC dengan cara mencampur serbuk karet ban bekas, aspal dan agregat.Penelitian ini memiliki dua tahapan dalam pembutan benda uji, tahap pertama pembuatan bendauji normal dengan kadar aspal 5%, 5,5%, 6%, 6,5% dan 7%, tahap selanjutnya dilakukan penambahan serbuk karet ban bekas (crumb rubber) dengan kadar 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20%, serbuk karet ban bekas dalam penelitian ini berfungsi untuk mengurangi sebagian berat aspal namun dalam proses pencampuran dengan aspal dan agregat menggunakan proses kering (dry mix). Untuk karakteristik campuran laston Ac-Wc + serbuk karet ban bekas (crumb rubber) dapat disimpulkan bahwa rendahnya nilai rongga yang terisi aspal (VFA) yang paling rendah dan tidak masuk batasan spesifikasi di kadar 20% sebesar 63,99%, menurunya nilai rongga yang terisi aspal mengakibatkan tingginya nilai rongga di dalam campuran (VIM) yang paling tinggi dan tidak masuk batasan spesifikasi di kadar 15% sebesar 5,26%, 20% sebesar 5,71%, sehingga campuran memiliki sifat porrus (mudah menyerap). Namun selain nilai tersebut kadar pencampuran yang lain, nilai VFA, VIM, VMA, Stabilitas, Kelelehan dan Marshall Questient semua hasil pengujian Marshall Test masuk dalam batas yang di tentukan oleh Spesifikasi Umum Bina Marga 2018. Dari semua variasi campuran laston Ac-Wc + serbuk karet ban bekas (crumb rubber) 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20% telah di uji dan di dapatkan kadar optimum campuran serbuk karet ban bekas (crumb rubber) sebesar 5% terhadap Laston Ac-Wc. Kata Kunci : Aspal, Laston Ac-Wc, Crumb Rubber, Marshall Test

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Tn M. Fajri Andartha
Date Deposited: 10 May 2021 03:07
Last Modified: 10 May 2021 03:07
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/2838

Actions (login required)

View Item View Item