PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Taliasih, Lise (2021) PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

LISE TALIASIH, Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020 (Dibawah bimbingan Ibu Dr. Msy. Mikial. SE., M.Si., Ak., CA., CSRS,dan Ibu Hj.Dwi Septa Aryani, SE. M.Si, AK,CA) Nilai Perusahaan merupakan kondisi yang telah dicapai oleh suatu perusahaan dalam memaksimalkan nilai kekayaan pemegang saham, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi Nilai Perusahaan diantaranya Rasio Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh Rasio Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan secara simultan maupun secara parsial terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif yaitu menguji pengaruh dari suatu variabel terhadap variabel lainya, populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ditentukan diperoleh sampel sejumlah 10 perusahaan dan diuji menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara simultan Rasio Profitabilitas dan Ukuran Perusaaan terhadap Nilai Perusahaan dengan hasil uji F, nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 4.764 > 4.210 dengan tingkat signifikansi 0,017 < 0,05 hal ini berarti hipotesis diterima dimana variabel Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Dan hasil uji Determinasi didapatkan hasil sebesar 26,1% yang berarti bahwa variabel rasio profitabilitas dan ukuran perusahaan mampu mempengaruhi variabel nilai perusahaan sebesar 26,1% sedangkan sisanya 73,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan secara parsial Rasio Profitabilitas mempunyai nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu -0.410 < 2.048 dengan nilai signifikansi 0,685 >0,05 yang berarti variabel Profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan Ukuran Perusahaan signifikan terhadap Nilai Perusahaan mempunyai nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2.563 > 2.048 dengan nilai signifikansi 0.016 yang berarti variabel Ukuran Perusahaan secara parsial berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Kata Kunci : Rasio Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Ms Lise Lise
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:08
Last Modified: 12 Oct 2021 04:08
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/3372

Actions (login required)

View Item View Item