Agustina, Try (2021) HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KAIDAH KEBAHASAAAN TEKS EDITORIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EDITORIAL SISWA KELAS XII SMA ISLAM AZZAHRAH PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.
Text (BAB I)
BAB I TRY AGUSTINA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB II)
BAB II TRY-converted.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III-converted.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV TRY-converted.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V TRY (1) k (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui adanya hubungan yang positif signifikan antara kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa kelas XII SMA Islam Azzahrah Palembang, (2) mengetahui adanya hubungan yang positif signifikan antara penguasaan kaidah kebahasaan teks editorial terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa kelas XII SMA Islam Azzahrah Palembang, dan (3) mengetahui adanya hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kaidah kebahasaan teks editorial terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa kelas XII SMA Islam Azzahrah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kuantitatif yang dilakukan melalui penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas XII IPA 1. Hasil yang diperoleh dari ketiga tujuan tersebut adalah koefisien korelasi hubungan (r_xy) menunjukan bahwa r_hitung sebesar 0,484 lebih besar dari pada r_tabel36 siswa kisaran 5% yaitu 0,329 untuk kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa sehingga adanya hubungan yang positif dan signifikan, koefisien korelasi hubungan (r_xy) penguasaan kaidah kebahasaan teks editorial terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa menunjukan bahwa bahwa r_hitung sebesar 0,181 lebih kecil dari pada r_tabel36 siswa untuk kisaran 5% yaitu 0,329 sehingga ada hubungan yang positif namun tidak signifikan. Berdasarkan hasil analisis tersebut koefisien F_hitung = 5.124 yang lebih besar dari hasil F_tabel = 3,28. Selain nilai F, berdasarkan nilai R square sebesar 0,237 atau 23,7%. Hal ini menunjukan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan penguasaan kaidah kebahasaan teks editorial sebesar 23,7% terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa kelas XII IPA 1 SMA Islam Azzahrah Palembang. Kata kunci: berpikir kritis, kaidah kebahasaan, menulis teks editorial.
Item Type: | Thesis (S-1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Try Agustina |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 06:25 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:25 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/3581 |
Actions (login required)
View Item |