PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI UNDANG-UNDANG AKUNTAN PUBLIK DAN ETIKA PROFESI AKUNTAN PUBLIK TERHADAP MINAT MAHASISWA UNIVERSITAS TRIDINANTI MENJADI AKUNTAN PUBLIK

Yulenda, Anisa (2021) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI UNDANG-UNDANG AKUNTAN PUBLIK DAN ETIKA PROFESI AKUNTAN PUBLIK TERHADAP MINAT MAHASISWA UNIVERSITAS TRIDINANTI MENJADI AKUNTAN PUBLIK. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
BAB I Repository-dikonversi.pdf - Published Version

Download (529kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III-dikonversi (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy

Abstract

ANISA YULENDA, PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI UNDANG-UNDANG AKUNTAN PUBLIK DAN ETIKA PROFESI AKUNTAN PUBLIK TERHADAP MINAT MAHASISWA UNIVERSITAS TRIDINANTI MENJADI AKUNTAN PUBLIK, dibawah bimbingan Bapak Yancik Syafitri, SE,M.Si dan Ibu Titi Suelmi, SE, MM, Ak. CA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan pada Universitas Tridinanti Palembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Persepsi Mahasiswa mengenai Undang-Undang Akuntan Publik dan Etika Profesi Akuntan Publik secara parsial terhadap Minat Mahasiswa menjadi Akuntan Publik, juga untuk mengetahui bagaimana pengaruh Persepsi Mahasiswa mengenai Undang-Undang Akuntan Publik dan Etika Profesi Akuntan Publik secara bersama-sama terhadap Minat Mahasiswa menjadi Akuntan Publik Penelitian ini menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah 253 mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi Universitas Tridinanti Palembang Angkatan 2017. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel 135 responden. Metode pengumpulan data yang terkait dengan masalah dilakukan menggunakan metode kuesioner secara online. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa Persepsi Mahasiswa mengenai Undang-Undang Akuntan Publik dan Etika Profesi Akuntan Publik telah masuk dalam kategori tinggi dengan persentase skor 97% dan 90,25% sedangkan Minat Mahasiswa menjadi Akuntan Publik dengan skor persentase skor 89,1% kategori tinggi. Hasil analisis regresi berganda memperoleh persamaan regresi = 15,483 + -0,046X1 + 0,696X2. Hasil analisis regresi diperoleh hasil secara parsial bahwa Persepsi Mahasiswa mengenai Undang-Undang Akuntan Publik tidak berpengaruh terhadap Minat Mahasiswa menjadi Akuntan Publik hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t dimana nilai thitung < ttabel yaitu (-0,032 < 1,656). Terdapat pengaruh signifikan Persepsi Mahasiswa mengenai Etika Profesi Akuntan Publik terhadap Minat Mahasiswa menjadi Akuntan Publik dan ada pengaruh Persepsi Mahasiswa mengenai Etika Profesi Akuntan Publik terhadap Minat Mahasiswa menjadi Akuntan Publik dengan nilai thitung > ttabel yaitu (5,810 > 1,656). Persepsi Mahasiswa mengenai Undang-Undang Akuntan Publik dan Etika Profesi Akuntan Publik berpengaruh secara simultan terhadap Minat Mahasiswa menjadi Akuntan Publik, hal ini dapat dilihat dari uji F dimana nilai Fhitung > Ftabel dengan nilai 51,137 > 3,06. Kata Kunci: Minat Mahasiswa menjadi Akuntan Publik, Persepsi Undang—Undang Akuntan Publik, Etika Profesi Akuntan Publik

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Anisa Nisa Anisa
Date Deposited: 22 Oct 2021 03:40
Last Modified: 22 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/3694

Actions (login required)

View Item View Item