PENGARUH VARIAN PRODUK DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PUPUK PADA PUSRI MART PALEMBANG

MAHASA, RAKA (2020) PENGARUH VARIAN PRODUK DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PUPUK PADA PUSRI MART PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
BAB V FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

RAKA MAHASA. Pengaruh Varian Produk dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pupuk Pada Pusri Mart Palembang. (Dibawah bimbingan Bapak Amrillah Azrin, SE, MM. dan Bapak Herlan Djunaidi, SE, M.Si.) Pola perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian pada hakikatnya bila produk biasa yang dibeli tidak ada maka akan mencari produk yang manfaatnya sejenis, dan bila ingin membeli biasanya akan melihat dari merek (brand) mana produk tersebut, karena cenderung ekuitas suatu merek cerminan kualitas produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari varian produk dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian produk pupuk Pusri baik secara simultan dan parsial yang diduga berpengaruh signifikan. Penelitian ini dilakukan di Pusri Mart Palembang, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah pembeli di Pusri Mart Palembang pada bulan Januari 2020 yang berjumlah 80 orang pembeli, semuanya dijadikan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Rancangan penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji F dan uji T menggunakan program aplikasi SPSS v23 dengan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil penelitian yang dilakukan, persamaan regresi linear berganda yaitu Y = 2,397 + 0.338X1 + 0.124X2. Terlihat bahwa koefisien regresi kedua variabel bebas mempunyai nilai positif artinya apabila nilai variabel X naik maka nilai variabel Y akan mengikuti naik dan sebaliknya. Hasil uji F sig. 0,000b < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada Varian Produk dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian. Hasil uji T untuk varian produk diperoleh sig. 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara varian produk terhadap Keputusan Pembelian. Hasil uji T untuk ekuitas merek diperoleh sig. 0,071 > 0,05 maka tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara ekuitas merek terhadap Keputusan Pembelian. Koefisien Determinasi R square sebesar 0,303 atau 30,3%, dapat dijelaskan variabel Varian Produk dan Ekuitas Merek secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian, sedangkan sisanya sebesar 69.7% (100% - 30,3%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, misalnya demografi, perubahan kebiasaan membeli dan kelompok referensi.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen
Depositing User: TM Raka Mahasa
Date Deposited: 06 May 2020 03:33
Last Modified: 06 May 2020 03:33
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item