PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS RPG MAKER MV DALAM PEMBELAJARAN CERITA RAKYAT KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG

Sari, Neni Eka (2022) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS RPG MAKER MV DALAM PEMBELAJARAN CERITA RAKYAT KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
FILE BAB1 REPOSITORY.1.pdf - Published Version

Download (631kB)
[img] Text (BAB II)
SKRIPSI BAB II. TINJAUAN PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI BAB III METODELOGI PENELITIAN.1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.neni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game edukasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) media pembelajaran game edukasi pada materi cerita rakyat untuk siswa kelas X. Game ini dibuat dengan menggunakan game berbasis RPG Maker MV. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis data produk, dan analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media game edukasi yang dikembangkan dinilai melalui ahli media dengan perolehan persentase sebesar 88% dengan kategori ”Sangat Baik”, validasi ahli materi sebesar 70% dengan kategori “Baik”, dan validasi ahli kebahasaan sebesar 76% dengan kategori “Baik”. Kemudian hasil belajar uji kelompok kecil mengalami peningkatan dengan perolehan pemahaman dalam kriteria sedang. Hasil data uji penerapan media oleh guru bahasa Indonesia dengan perolehan persentase 95% dengan kategori “Sangat Baik” dan uji penerapan media oleh siswa dengan perolehan persentase 90% dengan kategori “Sangat Baik”. Dibuktikan pula pada hasil rata-rata posttest yaitu 81, dibandingkan dengan rata-rata pretest yang hanya 54 dengan perolehan pemahaman dalam kriteria sedang (N-Gain=0,5). Maka dapat disimpulkan bahwa media game edukasi berbasis RPG Maker MV dalam pembelajaran cerita rakyat kelas X SMA Negeri 10 Palembang dalam kategori layak dan tepat digunakan. Kata Kunci: Media game, cerita rakyat, ADDIE

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ms Neni Eka Sari
Date Deposited: 12 Apr 2022 04:24
Last Modified: 12 Apr 2022 04:24
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/4582

Actions (login required)

View Item View Item