ESTIMASI PANGSA PASAR DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN 220 ML BERBAGAI MERK DENGAN METODE MARKOV CHAIN

Rio Tornado, Fahdil (2020) ESTIMASI PANGSA PASAR DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN 220 ML BERBAGAI MERK DENGAN METODE MARKOV CHAIN. S-1 thesis, 021088 Universitas Tridinanti.

[img] Text (BAB 1)
BAB I (1)PDF-dikompresi.pdf

Download (410kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisa faktor-faktor yang memungkinkan konsumen produk air minum dalam kemasan 220 ml untuk beralih merek dari merek yang satu ke merek yang lain dengan menggunakan Metode Markov Chain. (2) Melihat selain dari hasil analisa didapatkan pangsa pasar air minum dalam kemasan 220 ml beberapa tahun mendatang. Penelitian ini telah dilakukan di Kelurahan Sukamoro, Kabupaten Banyuasin. Pemilihan lokasi ini adalah (Purposive Location Sampling). Metode penelitian yang digunakan adalah teknik pengambilan sampel ialah menggunakan convenience sampling, dimana konsumen yang diambil merupakan konsumen yang bisa ditemui dan metode pengolahan data adalah melakukan analisis markov chain yang disajikan dalam bentuk tabulasi dari hasil pemprosesan data menggunakan microsoft excel 2007 dan QM versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi dari responden air minum dalam kemasan 220 ml yaitu untuk karakteristiknya didominasi perempuan dengan usia 20-32 tahun berprofesi karyawan swasta, serta biaya membeli jajanan/minuman sebesar Rp 100.000- 300.000/bulan, rata- rata mengkonsumsi 2-3 kali/minggu. Responden mengetahui informasi merek dari iklan di televisi, responden biasanya membeli produk di supermarket atas inisiatif sendiri dan merencanakan terlebih dahulu. Berdasarkan hasil dari analisis markov chain pangsa pasar produk Air Minum dalam Kemasan 220 ml didapatkan Alfaone terus memimpin, pada tahun 2019 Alfaone (55,0%), Club (30,0%), Oasis (8,0%), Daira (4,0%) dan merek lainnya (3,0%). Tahun 2020 terjadi peningkatan pada Alfaone menjadi (56%), penurunan pada Club (29,5%), Oasis (7,5%), Daira (3,9%), merek lainnya naik menjadi (3,1%). Pada 2021 hanya terjadi perubahan pada Alfaone (56,1%) dan Daira (3,8%). Pada 2022 semua merek tetap sama dan pada 2023 terjadi perubahan hanya pada Alfaone (56,2%) dan Daira (3,7%).

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Fahdil Rio Tornado Fahdil Rio Tornado
Date Deposited: 08 Jun 2020 04:51
Last Modified: 08 Jun 2020 04:51
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item View Item