PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN TEKS EKSPOSISI KELAS X SMK PENERBANGAN SRIWIJAYA

Afelia, Nyayu (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN TEKS EKSPOSISI KELAS X SMK PENERBANGAN SRIWIJAYA. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB 1)
nyayu. BAB 1.pdf - Published Version

Download (497kB)
[img] Text (BAB II)
nyayu. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
nyayu. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
nyayu. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
nyayu BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan menulis karangan teks eksposisi kelas X SMK Penerbangan Sriwijaya melalui metode kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian ini berjumlah 62 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Teknik dalam penentuan sampel adalah sampling purposive. Sampel penelitian ini adalah kelas Kelas X SMK Penerbangan Sriwijaya dengan jumlah 38 orang, kelas X2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 19 orang, dan kelas X1 dengan jumlah siswa 19 orang sebagai kelas Eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran generatif. Hasil penelitian ini adalah saat pelaksanaan pretest nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 54,95, dan pada kelas eksperimen sebesar 53,58. Pada saat pelaksanaan posttest nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol sebesar 73,05, dan pada kelas eksperimen sebesar 81,05. Terdapat peningkatan sebesar 8,00. Berdasarkan uji t-p-value atau Sig. (2 tailed) < 0,05, diperoleh hasil 0,000<0,05. Jadi dapat dinyatakan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran generatif terhadap kemampuan menulis teks eksposisi berpengaruh daripada model konvensional siswa kelas X SMK Penerbangan Sriwijaya. Kata kunci: menulis, eksposisi, generatif

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nyayu Afelia nyayu afelia
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:26
Last Modified: 18 Apr 2022 03:26
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/4936

Actions (login required)

View Item View Item