IDENTIFIKASI RISIKO PERAWATAN PADA SISTEM REM KENDARAAN MOBIL MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) & FISHBONE DI AUTO2000 TANJUNG API-API

SUCIPTO, LAKSAMANA ADHI (2022) IDENTIFIKASI RISIKO PERAWATAN PADA SISTEM REM KENDARAAN MOBIL MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) & FISHBONE DI AUTO2000 TANJUNG API-API. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
BAB I REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAb IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB) | Request a copy

Abstract

Pada Sistem rem salah satunya merupakan salah satu elemen penting dari suatu kendaraan. Hal ini menyebabkan kendaraan bermotor memiliki kecepatan dan akselerasi yang tinggi pula. untuk mengimbangi kecepatan dan akselerasi yang tinggi maka perlu pula diimbangi dengan sistem pengereman yang lebih baik pula. Metode yang sesuai dengan tujuan penelitian ini adalah Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Ketika penyebab dan mekanisme kerusakan telah diidentifikasi untuk setiap failure mode, yaitu tahap pengumpulan data kondisi terkin setelah itu perancangan mekanisme serta implementasi sistem penerapan waktu standar dan selanjutnya adalah langkah perbaikan pada sistem penerapan waktu standar dan penarikan kesimpulan dan saran.Berdasarkan analisis yang telah dilakukan terhadap hasil penelitian, maka penulis dapat menjelaskan Untuk Memeriksa Terjadinya Abnormal Atau kelainan pada sistem rem dengan menggunakan Teknik Diagram Fishbone atau sebab akibat yang tertera diatas. Dari tabel FMEA dan dengan pertimbangan nilai RPN pertimbangan kegagalan-kegagalan dan efeknya, bisa disimpulkan bahwa kegagalan yang patut mendapat perhatian serius untuk prioritas utama perbaikan adalah pada Potential Failure Mode piston kaliper pada sistem rem cakram, Potential Cause terkontaminasinya fluida rem dan Potential Effect piston kaliper macet RPN No. 240. Dari nilai-nilai RPN yang telah dibuat listnya, RPN terendah diduduki oleh katup pembagi dengan nilai RPN 42.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Laksamana Adhi Sucipto Adhi
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:49
Last Modified: 22 Apr 2022 02:49
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/4983

Actions (login required)

View Item View Item