ANALISIS KINERJA DAN MIKROSIMULASI RUAS JALAN R.E. MARTADINATA KOTA PALEMBANG DENGAN METODE PKJI 2014 DAN PTV. VISSIM VS.10-2021

MARYANTI, RINA (2022) ANALISIS KINERJA DAN MIKROSIMULASI RUAS JALAN R.E. MARTADINATA KOTA PALEMBANG DENGAN METODE PKJI 2014 DAN PTV. VISSIM VS.10-2021. S-1 thesis, 021008 UNIVERSITAS TRIDINANTI PALEMBANG.

[img] Text (BAB I)
BAB I_.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV _.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Jalan R.E. Martadinata merupakan salah satu ruas jalan di Kota Palembang yang tingkat pergerakan ekonominya cukup tinggi terlihat dari banyaknya pusat – pusat kegiatan dimana jalan tersebut merupakan jalan utama yang menopang semua pergerakan yang ada di jalan tersebut. Diperparah lagi dengan aktivitas hambatan samping yang tinggi menimbulkan banyak permasalahan transportasi yang sering terjadi terutama tundaan, kemacetan, kecelakaan dan ketidaknyamanan dalam berkendara di ruas jalan tersebut. Pada penelitian ini, penulis mengangkat topik tentang analisis kinerja dan mikrosimulasi ruas jalan R.E. Martadinata Kota Palembang segmentasi Simpang Pasar Lemabang – Simpang Gembira dengan berpedoman pada PKJI 2014 dan dilengkapi dengan simulasi PTV.VISSIM VS.10-2021. Hasil perhitungan dan analisis didapatkan kapasitas (C) = 2591,53 Skr/jam, arus lalu lintas (Q) = 1695,45 Skr/jam, derajat kejenuhan (DJ) = 0,65, kecepatan arus bebas 45,39 km/jam sehingga termasuk kategori tingkat pelayanan (LOS) C dengan karakteristik kondisi lalu lintas arus stabil, tetapi kecepatan kendaraan dikendalikan. Hasil simulasi software PTV.VISSIM VS. 10-2021 pada jalur 1 yaitu tundaan (VEHdelay) = 2,24 detik, panjang antrian (Qlen) 8,72 meter, kecepatan rata – rata 39,86 km/jam, dan emisi gas buang sebesar CO = 0,012 gram/km, NOx = 0,0021 gram/km, VOC/HC = 0,0033 gram/km dengan nilai konsumsi BBM 4,631 liter/smp. Untuk jalur 2 yaitu tundaan (VEHdelay) = 2,13 detik, panjang antrian (Qlen) 15,9 meter, kecepatan rata – rata 41,87 km/jam, dan emisi gas buang CO = 0,0182 gram/km, NOx = 0,0037 gram/km, VOC/HC = 0,0041 gram/km dengan nilai konsumsi BBM 6,863 liter/smp. Kata Kunci : Kinerja lalu lintas, PKJI 2014, Software PTV.VISSIM VS.10-2021, Emisi gas buang, Konsumsi BBM.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Rina Maryanti Sukardio
Date Deposited: 22 Apr 2022 05:16
Last Modified: 22 Apr 2022 05:16
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/5140

Actions (login required)

View Item View Item