ANALISIS KINERJA DAN PENATAAN JALUR PEJALAN KAKI BERDASARKAN METODE HCM 2000 PADA JALAN TENGKURUK PERMAI BLOK KOTA PALEMBANG

SINULINGGA, BULAM (2022) ANALISIS KINERJA DAN PENATAAN JALUR PEJALAN KAKI BERDASARKAN METODE HCM 2000 PADA JALAN TENGKURUK PERMAI BLOK KOTA PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 UNIVERSITAS TRIDINANTI PALEMBANG.

[img] Text (BAB I)
BAB I_.pdf - Published Version

Download (887kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Peningkatan jumlah pergerakan ditandai dengan meningkatnya volume lalu lintas kendaraan maupun volume pejalan kaki pada suatu ruas jalan Pada jalan Tengkuruk Permai Blok A no 1 terjadi permasalahan terkait fasilitas pejalan kaki yaitu banyaknya pedagang kaki lima yang menjual dagangannya dan parkir sepeda motor di kawasan pedestrian yang semestinya sebagai fasilitas pejalan kaki. Kondisi seperti ini akan mengurangi ruang gerak dan tingkat palayanan fasilitas pejalan kaki, akibatnya pejalan kaki kurang nyaman dan aman dalam melalukan aktifitasnya.Oleh karena itu dilalukan penelitian pada infrastruktur pedestrian jalan Tengkuruk Permai Blok A no1 menggunakan metode Highway Capacity Manual (HCM). Bedasarkan analisis penelitian yang telah dilakukan pada jalur pedestrian di Jalan Tengkuruk Permai Kota Palembang dapat disimpulkan bahwa Kecepatan rata-rata pada Titik Pengamatan I yaitu 46,075 m/mnt, Titik Pengamatan II yaitu 45,306 m/mnt. Arus Pejalan Kaki pada Titik Pengamatan I yaitu 12 ped/m/mnt, Titik Pengamatan II yaitu 18 ped/m/mnt, Kepadatan pada Titik Pengamatan I yaitu 0,260 ped/m2, Titik Pengamatan II yaitu 0,390 ped/m2, Ruang pejalan kaki pada Titik Pengamatan I yaitu 3,846 m2/pejalan kaki, Titik Pengamatan II yaitu 2,564 m2/pejalan kaki. Untuk perbandingan antara volume per kapasitas menurut Highway Capacity Manual (HCM) pada saat ini (excisting) mengenai Level of Services (LOS) pedestrian terhadap karakterisitik pejalan kaki, maka tingkat pelayanan pada titik pengamatan I sebesar 0,33 dan pada titik pengamatan II sebesar 0,50 termasuk tingkat pelayanan C yang menunjukkan kecepatan pejalan kaki tidak normal. Berdasarkan perbandingan antara volume per kapasitas menurut Highway Capacity Manual (HCM) setelah melakukan penataan mengenai Level of Services (LOS) pedestrian terhadap karakterisitik pejalan kaki, maka tingkat pelayanan pada titik pengamatan I sebesar 0,10 dan pada titik pengamatan II sebesar 0,15 termasuk tingkat pelayanan A yang menunjukkan kecepatan pejalan kaki tidak normal. Kata Kunci : Fasilitas pejalan kaki, level of services (LOS), Highway Capacity Manual (HCM).

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bulan Sinulangga Samuel sinulingga
Date Deposited: 22 Apr 2022 05:14
Last Modified: 22 Apr 2022 05:14
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/5145

Actions (login required)

View Item View Item