ANALISIS CAMPURAN ASPAL LASTON AC-BC MENGGUNAKAN BOTTOM ASH SEBAGAI BAHAN PENGGANTI PASIR

BONITA, LISA (2022) ANALISIS CAMPURAN ASPAL LASTON AC-BC MENGGUNAKAN BOTTOM ASH SEBAGAI BAHAN PENGGANTI PASIR. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (BAB I)
BAB 1 LISA.pdf - Published Version

Download (885kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II LISA BONITA (1702210001).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III LISA BONITA (1702210001).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV LISA BONITA (1702210001).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V LISA BONITA (1702210001).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (448kB) | Request a copy

Abstract

LISA BONITA "ANALISIS CAMPURAN ASPAL LASTON AC-BC MENGGUNAKAN BOTTOM ASH SEBAGAI BAHAN PENGGANTI PASIR" DIBAWAH BIMBINGAN IBU ANI FIRDA, S.T.,M.T DAN FELLY MISDALENA, S.T.,M.T ABSTRAK Bottom ash adalah bahan buangan dari proses pembakaran batu bara pada pembangkit tenaga yang mempunyai ukuran partikel lebih besar dan lebih berat dari pada fly ash, sehingga battom ash akan terjatuh pada dasar tungku pembakaran (boiler) dan terkumpul pada penampung debu (ash hopper) lalu di keluarkan dari tungku dengan cara di semprotkan dengan air untuk kemudian dibuang atau dipakai sebagai bahan tambahan pada perkerasan jalan.penelitian ini bermaksud untuk memanfaatkan limbah buangan batu bara atau bottom ash kedalam bahan campuran laston AC-BC, untuk meningkatan elasilitas dan keawetan campuran laston AC-BC dengan cara mencampurkan bottom ash kedalam campuran beraspal sebagai bahan pengganti pasir peniltian akan menggunkan metode marshal test Berdasarkan dari hasil pengujian, pembahasan dan analisa dapat diambil kesimpulan bahwa dari hasil campuran laston AC-BC 5%, 5,5%, 6%, 6,5% dan 7% yang telah di uji dan di dapatkan kadar optimum sebesar 6,2 terhadap Laston AC-BC. Dengan nilai hasil VMA, VFA, Stabilitas dan Flow memenuhi Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 Divisi 6 Revisi 1, sedangkan untuk nilai VIM dan Flow tidak memenuhi Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 Divisi 6 Revisi 1. nilai VIM sebesar 8,22 mengalamai kenaikan dari nilai VIM yang di syaratkan, mengakibatkan berkurangnya keawetan lapisan perkerasan , karena rongga yang terlalu besar akan mudah terjadi oksidasi. Nilai Flow sebesar 4,10 mengalami kenaikan dari nilai Flow standar yang di syaratkan, menghasilkan lapisan perkerasan yang plastis sehingga perkerasaan akan mudah mengalami perubahan bentuk seperti gelombang (washboarding) dan ( rutting). Kata Kunci: Bottom Ash, Campuran Laston AC-BC, VMA, VFA, VFB ABSTRACT Bottom ash is a waste material from the coal combustion process at a power plant which has a particle size larger and heavier than fly ash, so that the battom ash will fall to the bottom of the combustion furnace (boiler) and collect in the dust collector (ash hopper) and then remove it from the furnace by spraying it with water and then throw it away or use it as an additive in road pavement. Waste of coal or bottom ash into the mixed material for the AC-BC finalton mixture, to increase the elasticity and durability of the laston AC-BC mixture by mixing the bottom ash into the asphalt mixture as a substitute for sand. Based on the results of testing, discussion and analysis it can be concluded that from the results of the mixture of AC-BC 5%, 5.5%, 6%, 6.5% and 7% laston which has been tested and obtained an optimum level of 6.2 against Laston AC-BC. With the values of VMA, VFA, Stability and MQ meeting the General Specifications of Highways 2018 Division 6 Revision 1, while the VIM and Flow values do not meet the General Specifications of Highways 2018 Division 6 Revision 1. the VIM value is 8,22 experienced an increase from the required VIM value, resulting in reduced durability of the pavement layer, because a cavity that is too large will easily occur to oxidation. The Flow value of 4.10 has increased from the required standard Flow value, resulting in a plastic pavement layer so that the pavement will easily experience changes in shape such as waves (washboarding) and (rutting). keyword : Bottom Ash, Mix Laston AC-BC, VMA, VFA, VFB

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Ms Lisa Bonita
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:38
Last Modified: 05 Dec 2022 03:38
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/6212

Actions (login required)

View Item View Item