TINDAK TUTUR PADA FILM ALI DAN RATU RATU QUEENS KARYA MUHAMMAD ZAIDY DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Hilaliah, H (2023) TINDAK TUTUR PADA FILM ALI DAN RATU RATU QUEENS KARYA MUHAMMAD ZAIDY DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. S-1 thesis, 021008-Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (Bab 1)
SKRIPSI FULL-6-20_merged.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2)
SKRIPSI FULL-21-39.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
SKRIPSI FULL-40-43.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
SKRIPSI FULL-44-81.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
SKRIPSI FULL-82-83.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis tindak tutur yang terdapat pada film Ali dan ratu Ratu Queens karya Muhammad Zaidy dan mengetahui implikasi yang terdapat pada pembelajaran bahasa Indonesia. Sata sert sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dialog dalam film Ali dan Ratu Ratu Queens karya Muhammad Zaidy. Pemilihan data dilakukan melalui teknik dokumentasi yang dilakukan untuk mengumpulkan data yang bersumber dari arsip atau dokumen. Dari hasil penelitian terlihat bahwa penggunaan tindak tutur ilokusi menempati urutan paling banyak data yang digunakan yaitu sebanyak 31 data atau 50% data yang terbagi menjadi tindak tutur ilokusi asertif sebanyak 7 data atau 11,29%, tindak tutur ilokusi direktif sebanyak 18 data atau 29,04%, tindak tutur ilokusi komisif sebanyak 2 data atau 3,22%, dan tindak tutur ilokusi ekspresif sebanyak 4 data ata 6,45%, yang diperoleh dari sebanyak 62 data total yang ditemukan. Dibandingkan dengan tindak tutur ilokusi yang memperoleh 22 data atau sebanyak 35%, dan dengan urutan terendah yaitu tindak tutur perlokusi yang hanya ditemukan sebanyak 9 data atau 15%. Implikasi penelitian ini dapat digunakan oleh guru sebagai masukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam pembelajaran drama dan legenda atau cerita fiksi, yang tetap memasukan unsur kebahasaannya dan siswa lebih memahami karakter atau penokohan di dalam sebuah cerita. Pembelajaran ini bertujuan agar siswa mampu memahami setiap karakter atau penokohan dalam sebuah cerita dan siswa dapat mengapresiasikan pemahamannya dalam bentuk pementasan. Hasil dari penelitian dapat dimanfaatkan dengan baik oleh guru di sekolah dalam mengajarkan bahasa Indonesia. Kata kunci: tindak tutur, genre, film. ABSTRACT This study uses a qualitative descriptive research method. This study aims to describe the types of speech acts found in the film Ali dan Ratu Ratu Queens by Muhammad Zaidy and find out the implications for learning Indonesian. The data sources used in this research are dialogues in the film Ali dan Ratu Ratu Queens by Muhammad Zaidy. Data selection is carried out through documentation techniques which are carried out to collect data sourced from archives or documents. From the results of the study it can be seen that the use of illocutionary speech acts ranks with the most data used, namely as much as 31 data or 50% of the data which is divided into assertive illocutionary speech acts as much as 7 data or 11.29%, directive illocutionary speech acts as many as 18 data or 29, 04%, 2 data or 3.22% of commissive illocutionary speech acts, and 4 data of expressive illocutionary speech acts or 6.45%, which were obtained from a total of 62 data found. Compared to illocutionary speech acts which obtained 22 data or as much as 35%, and with the lowest order, namely perlocutionary speech acts which only found as much as 9 data or 15%. The implications of this research can be used by teachers as input to improve students' abilities in learning Indonesian, especially in learning drama and legends or fictional stories, which still include elements of language and students better understand the characters or characterizations in a story. This learning aims to make students able to understand each character or characterization in a story and students can appreciate their understanding in the form of a performance. The results of the research can be put to good use by teachers in schools in teaching Indonesian. Keywords: speech act, genre, film.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: Ms Hilaliah H
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:14
Last Modified: 18 Apr 2023 03:14
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/6823

Actions (login required)

View Item View Item