ANALISIS PEMASARAN BUAH NANAS (Ananas comosus (L) merr) DI DESA PANGKUL KECAMATAN CAMBAI KOTA PRABUMULIH

MAHENDRA, HARIS ESA (2023) ANALISIS PEMASARAN BUAH NANAS (Ananas comosus (L) merr) DI DESA PANGKUL KECAMATAN CAMBAI KOTA PRABUMULIH. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (610kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK HARIS ESA MAHENDRA. Analisis Pemasaran Buah Nanas (Ananas comosus (L) merr) di Desa Pangkul Kecamatan Cambai Kota Prabumulih. Dibimbing oleh Ir. URSULA DAMAYANTI, MP dan SRI RAHAYU ENDANG LESTARI,SP,.M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana saluran pemasaran nanas. fungsi-fungsi lembaga pemasaran nanas. berapa besar biaya, keuntungan, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran nanas. saluran pemasaran buah nanas (Ananas comosus (L) merr) pengambilan data dilakukan Desa Pangkul pada bulan Maret sampai bulan april 2023. Metode penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling (sengaja) dengan responden sebanyak 16 petani, pengepul 1 orang dan pengecer 6 orang. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif untuk mengetahui fungsi-fungsi pemasaran dan saluran pemasaran dan untuk menghitung biaya, kentungan, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran menggunakan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa, Terdapat tiga (3) saluran pemasaran buah nanas yaitu:saluran 1 Petani menjual hasil panen ke pedagang pengepul dan pedagang pengepul menjual ke pabrik. Saluran 2 Petani menjual hasil panen ke pedagang pengecer dan pedagang pengecer menjual ke konsumen akhir.Saluran 3 petani menjual hasil panen ke pedagang pengepul kemudian pengepul menjual ke pedagang pengecer dan pengecer menjual ke konsumen akhir. Fungsi – fungsi pemasaran yang dilakukan lembaga yang terlibat dalam pemasaran buah nanas adalah sebagai berikut:Saluran pemasaran I, petani melakukan fungsi penjualan dan grading, pedagang pengepul melakukan fungsi pembelian dan penjualan, fungsi angkut, penyimpanan, grading. Saluran ke II, petani melakukan fungsi penjualan dan grading buah, pedagang pengecer melakukan fungsi pembelian dan penjualan, fungsi angkut, penyimpanan, grading. Dan pada saluran pemasaran III, petani melakukan fungsi penjualan dan grading buah, sedangkan pedagang pengepul melakukan fungsi pembelian dan penjualan, fungsi angkut, penyimpanan, grading dan tidak melakukan penanggungan resiko, begitu juga dengan pedagang pengecer melakukan fungsi pembelian dan penjualan, fungsi angkut, simpan, grading. Biaya, keuntungan dan margin pemasaran Pada saluran pemasaran I, keuntungan yang didapatkan pengepulRp. 1.782/buah, biaya pemasaran Rp. 577/buah dan margin Rp. 2.360/buah.Pada saluran pemasaran II, kentungan pengecer Rp. 10.539,7/buah, biaya pemasaran Rp. 1.626,3/buah, dan margin Rp. 4.055,33/buah.Saluran pemasaran III memiliki keuntungan Rp.10.739,7/buah, biaya pemasaran Rp. 1.626,3/buah dan margin Rp. 5.388,67/buah. Efisiensi pemasaran diliahat dari margin pemasaran rendah sebesar Rp.2.360 dan farmer’s share tinggi mencapai 52,8% dimiliki pada saluran I. Kata Kunci: Saluran pemasaran, Biaya keuntungan, Margin Pemasaran Dan Efisiensi Pemasaran

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Tn Haris Esa Mahendra
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:28
Last Modified: 16 Oct 2023 02:28
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/7455

Actions (login required)

View Item View Item