PENGARUH PAJAK, MEKANISME BONUS DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR LOGAM DAN SEJENISNYA YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018-2022

Ussakinah, Khoirun Nisa (2023) PENGARUH PAJAK, MEKANISME BONUS DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR LOGAM DAN SEJENISNYA YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018-2022. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (Bab 1)
Bab 1 Nisa.pdf - Published Version

Download (910kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2 Nisa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
Bab 3 Nisa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
Bab 4 Nisa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
Bab 5 Nisa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Khoirun Nisa Ussakinah, Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus Dan Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Logam Dan Sejenisnya Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2018 - 2022. (Dibawah bimbingan Ibu Sahila, SE,MM dan Ibu Nuri Annisa Fitri, SE., M.Si) Praktik Transfer pricing dimanfaatkan sebagai perencanaan pajak perusahaan untuk meminimalkan beban pajak yang dibayar melalui rekayasa harga antar perusahaan yang memiliki hubungan istimewa. Beban pajak yang semakin besar memicu perusahaan untuk melakukan praktik Transfer pricing dengan harapan dapat menekan beban tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus Dan Tunneling incentive secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Logam Dan Sejenisnya Yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif, yang diukur dengan menggunakan metode berbasis regresi data panel dengan Random Effect Model (REM) menggunakan Eviews 10. Sampel dari penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Logam Dan Sejenisnya Yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2022. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 15 Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Logam Dan Sejenisnya Yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2022 sehingga total observasi dalam penelitian ini sebanyak 75 observasi. Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukan bahwa variabel Pajak, Mekanisme Bonus Dan Tunneling incentive secara bersama-sama mempengaruhi Keputusan Transfer Pricing. Hal ini menunjukkan dengan nilai sig F (0,000) < 0,05. Hasil uji parsial juga menunjukkan bahwa variabel Pajak tidak mempengaruhi Keputusan Transfer Pricing ditunjukkan dengan nilai sig t (0,801) > a (0,05), Mekanisme Bonus tidak mempengaruhi Keputusan Transfer Pricing ditinjukan dengan nilai sig t (0,775) > a (0,05) dan variabel Tunneling incentive mempengaruhi Keputusan Transfer Pricing ditinjukan dengan nilai sig t (0,004) < a (0,05). Kata kunci : Pajak, Mekanisme Bonus Dan Tunneling incentive dan Keputusan Transfer Pricing

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Mrs Khoirun Nisa Ussakinah
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:07
Last Modified: 16 Nov 2023 03:07
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/7756

Actions (login required)

View Item View Item