ANALISIS WAKTU SIKLUS PADA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE MKJI 1997 (Studi Kasus Simpang Empat Macan Lindungan Kota Palembang)

Andinata, Kristiyan (2023) ANALISIS WAKTU SIKLUS PADA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE MKJI 1997 (Studi Kasus Simpang Empat Macan Lindungan Kota Palembang). S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Simpang Macan Lindungan Kecamatan Ilir Barat I merupakan simpang bersinyal tipe 424 (4 lengan, 2 lajur jalan kecil dan 4 3 lajur jalan besar) dengan volume lalu lintas yang cukup padat. Persimpangan ini berada di kawasan pusat kota dan dapat menghubungkan empat jalan utama antara lain, Macan Lindungan, Soekarno Hatta, Alamsyah Ratu Prawiranegara dan Parameswara. Tingkat pergerakan perekonomian di kawasan ini cukup tinggi, terlihat dari banyaknya pusat kegiatan seperti pusat perbelanjaan, mall, hotel, perkantoran, sekolah, kampus, pertokoan. Keberadaan pusat kegiatan ini menimbulkan kemacetan baik dari arah Jl. Perlindungan Harimau dari Barat, jl. Alamsyah Ratu Prawiranegara dari selatan, jl. Soekarno Hatta dari utara, dan jl. Parameswara dari timur. Namun seiring berjalannya waktu dan jumlah kendaraan yang terus bertambah maka akan timbul permasalahan lalu lintas. Timbulnya permasalahan lalu lintas cenderung mengakibatkan gangguan lalu lintas. Dalam penelitian kali ini penulis mengangkat topik Analisis Waktu Siklus Pada Simpang Bersinyal Menggunakan Metode MKJI 1997 (Studi Kasus Kota Lindung Simpang Empat Macan Palembang). Hasil analisis kinerja persimpangan dengan metode MKJI 1997, diperoleh nilai derajat kejenuhan <0,85 pada keempat kaki simpang, sesuai dengan ketentuan standar MKJI tahun 1997. Soekarno Hatta 67,99 detik/kur masuk kategori tingkat pelayanan E, Jalan Parameswara 60,62 detik/kur masuk kategori tingkat pelayanan E, dan Jalan Alamsyah 63,08 detik/kur masuk kategori tingkat pelayanan E. Nilai tundaan rata-rata pada simpang tersebut Sinyal Macan Lindungan 88,77 berada pada tingkat pelayanan kategori F. Nilai rata-rata tundaan pada simpang bersinyal Macan Lindungan sebesar 69,65 berada pada tingkat pelayanan kategori E, dengan informasi arus lalu lintas terpaksa (antrian padat dan terus menerus). Hasil perhitungan manual pada waktu siklus baru dengan mengubah waktu siklus menjadi 110 detik dari sebelumnya 163 detik menghasilkan penurunan tundaan sebesar 66% dengan nilai 46,18 detik/kendaraan dari kondisi eksisting sebesar 69,65 detik/ kendaraan. Kata Kunci : Simpang bersinyal,MKJI 1997.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Tn Kristiyan Andinata
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:56
Last Modified: 15 Jan 2024 03:56
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/7974

Actions (login required)

View Item View Item