Thesis

Yulia, Y (2024) Thesis. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi, menglasifikasikan, menganalisis, serta menggambarkan emosi tokoh yang terdapat dalam novel A untuk Amanda karya Annisa Ihsani. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah psikologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian emosi tokoh dalam novel A untuk Amanda karya Annisa Ihsani, melalui dialog para tokoh, kalimat, dan paragraf dalam novel. Penelitian ini menggunakan teori klasifikasi emosi dan emosi dasar Krech (dalam Minderop, 2018). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 125 emosi dari 9 tokoh yang megalami emosi dari 33 tokoh yang terdapat dalam novel A untuk Amanda karya Annisa Ihsani. Dari 9 tokoh yang mengalami emosi, tokoh yang paling banyak mengalami emosi yaitu pada tokoh utama, yaitu Amanda yang mengalami 9 emosi, yaitu rasa bersalah, rasa bersalah yang di pendam, menghukum diri sendiri, kesedihan, kebencian, cinta, kegembiraan, kemarahan, dan ketakutan. Namun dari 9 tokoh tersebut ada 1 emosi yang tidak dapat ditemukan yaitu emosi rasa malu. Dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, novel A untuk Amanda karya Annisa Ihsani dapat berimplikasi di jadikan bahan ajar pada materi novel dengan membahas unsur Intrinsik dalam novel pada tataran tokoh dan penokohan. Saran dalam penelitian ini bagi mahasiswa, dapat mempekarya teori-teori yang menambah pengetahuan mengenai emosi. Bagi peneliti, dapat dijadikan bahan referensi untuk penelitian selanjutnya dengan kajian yang berbeda. Bagi guru, pengertian ini dapat dijadikan sebagai kegiatan proses belajar dan mengajar pada materi bahasa Indonesia. Bagi siswa, dapat dijadikan bahan referensi untuk pembelajaran sastra di sekolah. Kata kunci: Emosi tokoh, literary Pscyhologi

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ny Y Yulia
Date Deposited: 07 Oct 2024 06:17
Last Modified: 07 Oct 2024 06:17
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/9010

Actions (login required)

View Item View Item