PENGGUNAAN LATEKS PRAVULKANISASI DAN FLY ASH PADA CAMPURAN ASPAL POROUS DENGAN PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO

DIMAS, JAYA SAPUTRA (2025) PENGGUNAAN LATEKS PRAVULKANISASI DAN FLY ASH PADA CAMPURAN ASPAL POROUS DENGAN PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (940kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan lateks pravulkanisasi dan fly ash dalam campuran aspal porous dengan menguji karakteristik Marshall dan Cantabro. Aspal porous merupakan salah satu jenis campuran aspal yang memiliki porositas tinggi, sehingga dapat mengurangi genangan air di permukaan jalan. Namun, kekuatan dan ketahanan campuran ini sering kali menjadi masalah, terutama terhadap keausan dan deformasi. Oleh karena itu Pada penelitian ini menggunakan Lateks Pravulkanisasi (LP) sebagai substitusi campuran aspal berdasarkan pengujian Marshall dan Cantabro, dengan spesifikasi Australian Asphalt Pavement Association (AAPA) 2004. Penelitian ini dilakukan dengan kadar Lateks Pravulkanisasi LP 0%, 3%, 7%, dan 11%. Hasil pengujian marshall pada kadar aspal LP 3% adalah VIM dengan nilai 19,57%, Stabilitas dengan nilai 1000.34 kg, Flow dengan nilai 6 mm, dan Marshall Quotient dengan nilai 210,20 kg/mm. Kadar aspal LP 7% adalah VIM dengan nilai 19,12%, Stabilitas dengan nilai 872,63 kg, Flow dengan nilai 5,82 mm, dan Marshall Quotient dengan nilai 152,54 kg/mm. Kadar aspal LP 11% adalah VIM dengan nilai 20,27%, Stabilitas dengan nilai 766,21 kg, Flow dengan nilai 5,90 mm, dan Marshall Quotient dengan nilai 162,03 kg/mm. Kemudian hasil pengujian cantabro LP 3% dengan nilai 6,28%, LP 7% dengan nilai 3,93, dan LP 11% dengan nilai 11,25%.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Dimas Jaya saputra
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:09
Last Modified: 12 Feb 2025 07:09
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/9656

Actions (login required)

View Item View Item