Analisis Dampak Perubahan Dimensi Ruang Parkir Terhadap Waktu Manuver Parkir (Studi Kasus Area Parkir RSUD Siti Fatimah)

Hidayat, Sukma Kafie (2025) Analisis Dampak Perubahan Dimensi Ruang Parkir Terhadap Waktu Manuver Parkir (Studi Kasus Area Parkir RSUD Siti Fatimah). S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (644kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan signifikan jumlah kendaraan bermotor di perkotaan, khususnya di Indonesia, telah memicu permasalahan kompleksitas parkir. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Fatimah, sebagai salah satu fasilitas kesehatan dengan tingkat kunjungan tinggi, turut terdampak permasalahan serupa. Penelitian ini secara khusus menganalisis pengaruh variasi dimensi ruang parkir terhadap efisiensi waktu parkir dan keluar kendaraan di RSUD Siti Fatimah. Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk merumuskan solusi optimal dalam mengatasi permasalahan parkir di RSUD Siti Fatimah serta memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu perencanaan transportasi. Penelitian ini membandingkan tiga pola parkir (paralel, menyudut, dan tegak lurus) dengan mengadopsi tiga metode perhitungan kapasitas parkir, yaitu metode AASHTO, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, dan kondisi aktual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konfigurasi parkir tegak lurus (90°) pada kondisi aktual memiliki kapasitas tampung kendaraan paling tinggi, yaitu sebanyak 643 kendaraan. Selain itu, 78% responden menyatakan bahwa pola parkir menyudut (60°) pada kondisi aktual memungkinkan mereka memarkir kendaraan dengan lebih cepat. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemilihan pola parkir yang tepat dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi penggunaan ruang parkir dan kenyamanan pengguna.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Tn sukma hidayat
Date Deposited: 22 Feb 2025 03:50
Last Modified: 22 Feb 2025 03:50
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/9876

Actions (login required)

View Item View Item