PEMANFAATAN APLIKASI POWTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI DRAMA SISWA KELAS XI SMA ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG

D, Dalima (2025) PEMANFAATAN APLIKASI POWTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI DRAMA SISWA KELAS XI SMA ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (BAB I)
Bab 1 dalima.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2 dalima.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab 3 dalima.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab 4 dalima_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Bab 5 dalima.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan, desain, dan validasi media pembelajaran materi drama menggunakan aplikasi Powtoon pada siswa kelas XI SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini ialah peserta didik kelas XI.3 SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan penyebaran angket, sementara uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi, yaitu dengan meminta para ahli untuk mengecek data yang telah ada. Adapun ahli yang memeriksa data, yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli kebahasaan. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dibuat melalui aplikasi Powtoon memiliki tampilan visual yang menarik dan karakter tokoh yang interaktif, sehingga peserta didik tertarik dalam menggunakan media pembelajaran yang menggunakan aplikasi Powtoon serta membantu peserta didik dalam memahami unsur-unsur drama dengan menggunakan media pembelajaran ini. Kata Kunci: Powtoon, Drama, Media Pembelajaran ABSTRACT This study aims to determine the utilization, design, and validation of learning media for drama material using the Powtoon application for class XI students of SMA Islam Az-Zahrah Palembang. The method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach. The subjects in this study were students of class XI.3 SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Data collection techniques were carried out through documentation and distribution of questionnaires, while data validity testing was carried out using triangulation techniques, namely by asking experts to check existing data. The experts who checked the data were material experts, design experts, and language experts. Data analysis used the Miles and Huberman model which included data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study showed that learning videos made through the Powtoon application had an attractive visual appearance and interactive character characters, so that students were interested in using learning media that used the Powtoon application and helped students understand the elements of drama using this learning media. Keywords: Powtoon, Drama, Instructional Media

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: ny D DALIMA
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:47
Last Modified: 07 Aug 2025 03:47
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/10088

Actions (login required)

View Item View Item