PENGARUH VARIASI JUMLAH SUDU KIPAS RADIATOR TERHADAP EFEKTIVITAS TERMAL YANG TERJADI PADA RADIATOR MOBIL SUZUKI ERTIGA

SORMIN, OLAN Efmon Partiopan (2020) PENGARUH VARIASI JUMLAH SUDU KIPAS RADIATOR TERHADAP EFEKTIVITAS TERMAL YANG TERJADI PADA RADIATOR MOBIL SUZUKI ERTIGA. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
BAB I-_compressed.pdf - Published Version

Download (768kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (997kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy

Abstract

Sistem pendingin radiator merupakan suatu sistem perpindahan panas yang banyak dipakai pada produk industri otomotif. Sistem pendingin radiator bekerja dengan cara menyerap panas yang terjadi pada mesin melalui perantara fluida cair lalu menyerap panas mesin dan memindahkan panas mesin ke dalam radiator kemudian terjadi perlakuan pendinginan fluida panas secara paksa di dalam radiator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi jumlah sudu kipas radiator terhadap efektivitas termal yang terjadi pada sistem pendingin suatu kendaraan. Berdasarkan hasil analisis data pengujian dapat disimpulkan bahwa pelepasan kalor didalam radiator bila diambil persentase pada rpm 2000 antara kipas 7 sudu dan 9 sudu didapatkan kipas 9 sudu lebih baik 14.91% dari kipas 7 sudu. Lalu ketika kipas bekerja meskipun kipas 9 sudu mempunyai keunggulan dalam efektivitas pelepasan terhadap kalor, tetapi kipas 9 sudu memberikan kebisingan suara yang lebih besar ketika kipas beroperasi yaitu senilai + 94,0 desibel, dibandingkan kipas 5 sudu yang + 86,7 desibel dan kipas 7 sudu yang + 92,1 desibel. Kata kunci : Radiator, pelepasan kalor (Q), efektivitas (¢).

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: OLAN EFMON PARTIOPAN SORMIN OLAN
Date Deposited: 20 Jul 2020 02:37
Last Modified: 20 Jul 2020 02:50
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/1012

Actions (login required)

View Item View Item