HUBUNGAN PENGUASAAN UNSUR INTRINSIK CERPEN DENGAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG

Marhama, M (2025) HUBUNGAN PENGUASAAN UNSUR INTRINSIK CERPEN DENGAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (BAB I)
Bab 1 marhama.pdf

Download (403kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2 marhama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab 3 marhama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab 4 marhamq.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Bab 5 marhama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara penguasaan unsur intrinsik cerpen dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Palembang, dengan sampel yang dipilih secara purposive sampling, yaitu siswa kelas XI IPA 9 yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan dua jenis instrumen, yaitu tes objektif untuk mengukur penguasaan unsur intrinsik cerpen dan tes subjektif berupa tugas menulis cerpen untuk mengukur keterampilan menulis. Instrumen telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan hasil 20 butir soal dinyatakan valid dan reliabilitas sebesar 0,815 yang termasuk kategori sangat tinggi. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi product moment menunjukkan nilai Rhitung sebesar 0,503 lebih besar dari Rtabel 0,334 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan unsur intrinsik cerpen dengan keterampilan menulis cerpen. Penelitian ini memberikan bukti bahwa pemahaman yang baik terhadap unsur intrinsik dapat berkontribusi secara nyata terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerpen yang kreatif dan terstruktur. Kata kunci: korelasi, cerpen, menulis, siswa SMA ABSTRACT The purpose of this study was to determine the significant relationship between the mastery of intrinsic elements of short stories and the short story writing skills of class XI students at SMA Negeri 11 Palembang. This study used a quantitative method with a correlation approach. The population in this study included all class XI students at SMA Negeri 11 Palembang, with a sample selected by purposive sampling, namely 35 class XI IPA 9 students. The data collection technique used two types of instruments, namely an objective test to measure the mastery of intrinsic elements of short stories and a subjective test in the form of a short story writing assignment to measure writing skills. The instrument has been tested for validity and reliability, with the results of 20 questions declared valid and reliability of 0.815 which is included in the very high category. The results of data analysis using the product-moment correlation test showed a calculated Rcount value of 0.503, greater than the Rtable value of 0.334 at the 5% significance level. Thus, it can be concluded that there is a significant relationship between mastery of the intrinsic elements of short stories and short story writing skills. This study provides evidence that a good understanding of intrinsic elements can significantly contribute to students' ability to write creative and structured short stories. Keywords: correlation, short stories, writing, high school students

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ny M MARHAMA
Date Deposited: 23 Aug 2025 03:06
Last Modified: 23 Aug 2025 05:02
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/10250

Actions (login required)

View Item View Item