Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Mp Mangkunegara Palembang Dengan Menggunakan Model Greenshield

Andrean Jaya, Muhammad (2025) Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Mp Mangkunegara Palembang Dengan Menggunakan Model Greenshield. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hambatan samping terhadap kinerja lalu lintas pada ruas Jalan MP Mangkunegara, Kota Palembang, dengan menggunakan pendekatan metode PKJI 2023 dan model Greenshields. Hambatan samping yang diamati meliputi kendaraan berhenti/parkir, pejalan kaki, kendaraan keluar masuk, dan aktivitas pedagang kaki lima, yang menunjukkan intensitas sangat tinggi, yaitu mencapai 811,8 kejadian/jam pada hari Sabtu dan 890,4 kejadian/jam pada hari Selasa. Kondisi ini berdampak pada penurunan kecepatan arus bebas dan kapasitas jalan. Berdasarkan hasil analisis model Greenshields, kecepatan arus bebas (Vf) menurun signifikan dari 38,833 km/jam menjadi 26,028 km/jam, sedangkan kepadatan jenuh (Dj) meningkat dari 69,90 smp/km menjadi 158,128 smp/km. Kapasitas maksimum juga menunjukkan peningkatan sebagai akibat dari bertambahnya kepadatan, meskipun kecepatan pada kapasitas maksimum mengalami penurunan. Derajat kejenuhan pada jam puncak berkisar antara 0,44 hingga 0,78, yang mengindikasikan tingkat pelayanan berada pada level B hingga D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan samping berkontribusi besar terhadap menurunnya kecepatan, meningkatnya kepadatan, dan turunnya tingkat pelayanan jalan. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan lalu lintas melalui pengaturan jam operasional kendaraan besar, pemasangan rambu lalu lintas, serta separator fisik sebagai pemisah antara antrean kendaraan dan jalur utama.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Tn MUHAMMAD ANDREAN JAYA
Date Deposited: 02 Sep 2025 06:01
Last Modified: 02 Sep 2025 06:01
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/10332

Actions (login required)

View Item View Item