PENGARUH PEMBELIAN IMPLUSEF, ATMOSFIR TOKO, DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO SERBA 35 RIBU JALUR 17

Hasan, Joo Wahir (2025) PENGARUH PEMBELIAN IMPLUSEF, ATMOSFIR TOKO, DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO SERBA 35 RIBU JALUR 17. S-1 thesis, 021008 - Universitas Tridinanti.

[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (656kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Joo Wahir Hasan, "Pengaruh Pembelian Implusif, Atmosfer Toko, Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Serba 35 Ribu Jalur 17”. (Dibawah Bimbingan Pak Baidowi Abdhie. S.E., M.P dan Ibu Yun Suprani. S.E., M.Si). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelian impulsif, atmosfer toko, dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Serba 35 Ribu Jalur 17. Toko ini merupakan toko ritel yang menjual berbagai kebutuhan rumah tangga dengan harga seragam sebesar Rp35.000 per item. Fenomena pembelian impulsif yang tinggi di toko ini menjadi latar belakang utama dilakukannya penelitian, khususnya pada akhir pekan dan hari libur, yang dipicu oleh suasana toko yang nyaman dan pengaruh dari orang terdekat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei melalui kuesioner kepada 96 responden yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari pembelian impulsif (X1), atmosfer toko (X2), dan kelompok acuan (X3), sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian (Y). Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pembelian impulsif, atmosfer toko, dan kelompok acuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, ketiga variabel independen tersebut juga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Temuan ini memberikan implikasi bahwa manajemen toko dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen dengan menciptakan atmosfer belanja yang menyenangkan dan memperhatikan peran kelompok acuan dalam mempengaruhi perilaku konsumen. Koefisien determinasi (R²) sebesar 71% menunjukkan bahwa keputusan untuk menggunakan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel yang diteliti. Sisa sebesar 29% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Hasil analisis regresi menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 4,495 + 0,003 X1 + 0,830 X2 + 0,072 X3 di mana x1 merujuk pada pembelian implusif, x2 atmosfer toko, dan x3 kelompok acuan. Kata Kunci : Pembelian Implusif, Atmosfer Toko, Kelompok Acuan, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen
Depositing User: Tn JOO WAHIR HASAN
Date Deposited: 11 Sep 2025 06:12
Last Modified: 11 Sep 2025 06:12
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/10500

Actions (login required)

View Item View Item