PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR DALAM MENULIS KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 PALEMBANG

RESTA, RANI MAWAR (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR DALAM MENULIS KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (BAB1)
Bab 1_compressed_compressed.pdf

Download (511kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (44kB) | Request a copy

Abstract

RANI MAWAR RESTA, "PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR DALAM MENULIS KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 PALEMBANG", DIBAWAH BIMBINGAN IBU NYAYU LULU NADYA, M.PD. DAN IBU FALINA NOOR AMALIA, M.PD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dalam menulis kembali isi teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Palembang” pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi ini mengambil sebanyak 74 siswa untuk diteliti. Penentuan sampel adalah purposive sampling sehingga yang menjadi sampel adalah kelas X kelas X IPS 5 menggunakan strategi pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol dan IPS 6 yang menggunakan Strategi Pembelajan Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar siswa berupa soal menulis kembali isi teks biografi. Data yang diperoleh dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes). Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) memiliki rata-rata nilai (75,16) lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional (67,73). Sedangkan nilai perhitungan t-tes diperoleh t hitung adalah 6,753. Dengan demikian hipotesis yang di kemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini disebabkan karena pada Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) siswa dibimbing untuk dapat menggembangkan kemampuan dan pontensinya. Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional siswa lebih banyak menerima informasi dari guru.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ms Rani Mawar Resta
Date Deposited: 21 Oct 2020 08:20
Last Modified: 21 Oct 2020 08:20
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item View Item