Putri, Puput Kurnia (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSU BUNDA PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.
Text (BAB I)
BAB I - PUPUT.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB II)
BAB II - PUPUT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (732kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III - PUPUT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (738kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV - PUPUT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (771kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V - PUPUT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK PUPUT KURNIA PUTRI. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSU Bunda Palembang. (Dibawah bimbingan Bapak Ulil Amri, SE, M.Si dan Bapak H. Hisbullah Basri, SE, M.Si). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara harapan pasien rawat inap terhadap kualitas pelayanan kesehatan yang telah diberikan Rumah Sakit Umum Bunda Palembang kepada pasiennya. Sejalan dengan masalah dan hipotesis penelitian tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan survei penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan sampel sebanyak 54 pasien. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis kuantitatif dalam penilitian ini akan digunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Serta Uji asumsi klasik meliputi Uji Normalitas, Uji Multikolineritas, dan Uji Heteroskedasitas. Untuk uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Semua pengujian menggunakan program komputer SPSS versi 24. Hasilnya didapat bahwa dimensi pelayanan secara keseluruhan, kesesuaian antara pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Bunda Palembang dengan harapan pasien terhadap tingkat kepuasan pelayanan sudah cukup baik dalam memenuhi harapan pasien. Hal ini dapat dilihat dari nilai uji F dimana nilai sig F sebesar 0,000 <α (0,05). Secara parsial uji t variabel bukti fisik sangat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien yang ditunjukan dengan nilai t sebesar 0,000 < α (0,05), untuk variabel kehandalan juga sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai uji t sebesar 0,004 < α (0,05), untuk variabel daya tanggap juga sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai uji t sebesar 0,004 < α (0,05), dan untuk variabel jaminan juga sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai uji t sebesar 0,002 < α (0,05), serta untuk variabel empati juga sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai uji t sebesar 0,004 < α (0,05). Koefisien korelasi sebesar 0,728 artinya menunjukan hubungan yang sangat kuat dan signifikan, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai determinasinya R Square sebesar 0,680. Variabel kepuasan pasien dapat dijelaskan terdapat pengaruh dengan variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati, sedangkan sisanya berpengaruh dengan faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien
Item Type: | Thesis (S-1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen |
Depositing User: | Puput Kurnia Putri |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 09:17 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 09:17 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/1845 |
Actions (login required)
View Item |