PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSU BUNDA PALEMBANG

Putri, Puput Kurnia (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSU BUNDA PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
BAB I - PUPUT.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II - PUPUT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III - PUPUT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV - PUPUT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V - PUPUT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK PUPUT KURNIA PUTRI. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSU Bunda Palembang. (Dibawah bimbingan Bapak Ulil Amri, SE, M.Si dan Bapak H. Hisbullah Basri, SE, M.Si). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara harapan pasien rawat inap terhadap kualitas pelayanan kesehatan yang telah diberikan Rumah Sakit Umum Bunda Palembang kepada pasiennya. Sejalan dengan masalah dan hipotesis penelitian tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan survei penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan sampel sebanyak 54 pasien. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis kuantitatif dalam penilitian ini akan digunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Serta Uji asumsi klasik meliputi Uji Normalitas, Uji Multikolineritas, dan Uji Heteroskedasitas. Untuk uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Semua pengujian menggunakan program komputer SPSS versi 24. Hasilnya didapat bahwa dimensi pelayanan secara keseluruhan, kesesuaian antara pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Bunda Palembang dengan harapan pasien terhadap tingkat kepuasan pelayanan sudah cukup baik dalam memenuhi harapan pasien. Hal ini dapat dilihat dari nilai uji F dimana nilai sig F sebesar 0,000 <α (0,05). Secara parsial uji t variabel bukti fisik sangat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien yang ditunjukan dengan nilai t sebesar 0,000 < α (0,05), untuk variabel kehandalan juga sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai uji t sebesar 0,004 < α (0,05), untuk variabel daya tanggap juga sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai uji t sebesar 0,004 < α (0,05), dan untuk variabel jaminan juga sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai uji t sebesar 0,002 < α (0,05), serta untuk variabel empati juga sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai uji t sebesar 0,004 < α (0,05). Koefisien korelasi sebesar 0,728 artinya menunjukan hubungan yang sangat kuat dan signifikan, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai determinasinya R Square sebesar 0,680. Variabel kepuasan pasien dapat dijelaskan terdapat pengaruh dengan variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati, sedangkan sisanya berpengaruh dengan faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen
Depositing User: Puput Kurnia Putri
Date Deposited: 22 Oct 2020 09:17
Last Modified: 22 Oct 2020 09:17
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/1845

Actions (login required)

View Item View Item