PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WEB (E-LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG

Harefa, Ike Trajelita Nurjana (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WEB (E-LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BABV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang menggunakan model pembelajaran berbasis web (e-learning) melalui metode kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian ini berjumlah 500 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021, dan teknik dalam penentuan sampel adalah sampling purposive. Sampel penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 10 Palembang dengan jumlah 72 orang, kelas MIA 2 dengan jumlah siswa 36 orang yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol, dan kelas MIA 1 dengan jumlah siswa 36 orang sebagai kelas Eksperimen. Hasil penelitian ini adalah saat pelaksanaan pretest nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 56,47, dan pada kelas eksperimen sebesar 55,86. Pada saat pelaksanaan posttest nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol sebesar 76,94, dan pada kelas eksperimen sebesar 88,11. Terdapat peningkatan sebesar 11,17. Pada perhitungan N-Gain, siswa kelas eksperimen yang memperoleh nilai dengan kriteria tinggi yaitu sebesar 88,11 sedangkan kelas kontro 76,54. Berdasarkan uji t-p-value < Sig. (2 tailed), diperoleh hasil 0,000<0,05. Jadi dapat dinyatakan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis web (e-learning) berpengaruh daripada model konvensional siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Kata kunci: menulis, puisi, e-learning

Item Type: Thesis (S-1)
Uncontrolled Keywords: menulis, puisi, e-learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Skripsi Ike Trajelita Nurjana Harefa
Date Deposited: 10 May 2021 01:51
Last Modified: 10 May 2021 01:51
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/2687

Available Versions of this Item

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WEB (E-LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG. (deposited 10 May 2021 01:51) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item