ANALISIS WACANA PERSUASIF IKLAN PRODUK KECANTIKAN PADA MEDIA ONLINE TRIBUN SUMSEL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Sari, Yuli (2021) ANALISIS WACANA PERSUASIF IKLAN PRODUK KECANTIKAN PADA MEDIA ONLINE TRIBUN SUMSEL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian deskriptif ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data penelitian berupa tindak persuasif wacana iklan produk kecantikan pada media online Tribun Sumsel edisi Februari 2021 yang terdapat teknik persuasif dan tindak tutur persuasif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa prosedur: (1) reduksi data (seleksi data dan pengodean data), (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasaaan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa ada sembilan iklan produk kecantikan pada media online Tribun Sumsel edisi Februari 2021 yang diidentifikasikan mengandung unsur-unsur teknik persuasif dan tindak tutur persuasif adalah sebagai berikut (a) teknik persuasif rasionalisasi yaitu Iklan Clean and Clear Deep Actio Cleanser dan Iklan Wardah Lightening Two Way Cake, (b) teknik persuasif sugesti yaitu Iklan Citra Pearly White UV Essence Cream dan Iklan Ellips Pro Vitamin Complex, (c) teknik konfirmitas yaitu Iklan Olay Total Effects, Iklan Pantane Hair Fall Control dan Iklan Clear Shampoo, (d) teknik kompensasi yaitu Iklan Ponds White Beauty Facial Foam, dan (e) teknik penggantian yaitu Iklan Dove Super Shampoo 3 in 1. Pada penelitian ini juga dibahas mengenai tindak tutur yang dipakai dalam wacana iklan produk kecantikan pada media online Tribun Sumsel edisi Februari 2021 yaitu terdapat tiga tindak tutur yang dipakai (a) tindak tutur deklaratif, (b) tindak tutur interogatif, dan (c) tindak tutur imperatif. Kata Kunci : Persuasif, Rasionalisasi, Sugesti, Konformitas, Kompensasi.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PA Classical philology
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs. Yuli Sari
Date Deposited: 06 May 2021 03:09
Last Modified: 06 May 2021 03:09
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/2720

Actions (login required)

View Item View Item