Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Lisnawati, L (2021) Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

LISNAWATI. Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. (Dibawah bimbingan Ibu Kusminaini Armin, S.E.,M.M dan Ibu Ernawati, S.E,MM,Ak.CA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi pada penelitian ini adalah 62 perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020, dengan sampel penelitian 19 perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian. Metode penelitian yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: Secara parsial ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan laba, dengan nilai uji t koefisien ukuran perusahaan -1,173<2,005, dan nilai signifikan (sig) 0,246 >0,05. Sedangkan pertumbuhan penjualan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba, hasil uji nilai thitung lebih besar dari pada nilai t tabel sebesar 6,755>2,005, dan nilai signifikan (sig) 0,000<0,05. Ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap pertumbuhan laba secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba, hasil uji Fhitung 22,900, dan nilai Ftabel 3,16. Uji determinasi R2 diperoleh hasil 0,459 atau 45,9%. Diartikan bahwa ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan mempengaruhi pertumbuhan laba sebesar 45,9%, sedangkan sisanya 54,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model regresi atau disebut dengan error (e). Berdasarkan hasil penelitian diatas disarankan: 1). Hendaknya setiap perusahaan lebih mempertimbangkan komposisi aset dan pertumbuhan penjualan karena mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan laba perusahaan. 2).Penelitian selanjutnya dapat menggunakan periode yang lebih panjang atau sektor lainya untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif.3). Peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lain yang mempengaruhi pertumbuhan laba seperti umur perusahaan, tingkat leverage, pertumbuhan laba masa lalu, tingkat inflasi, nilai tukar rupiah, kondisi ekonomi, dan kondisi politik suatu negara pada periode tertentu. Kata Kunci: Pertumbuhan Laba, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Ms L Lisnawati
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:26
Last Modified: 14 Oct 2021 04:26
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/3338

Actions (login required)

View Item View Item