PENGARUH PENGGUNAAN METODE INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG

Sekar Sari, Aisyah (2021) PENGARUH PENGGUNAAN METODE INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
BAB I AISYAH (1).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II AISYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III AISYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV AISYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V AISYAH_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (962kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode inquiry based learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 500 siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 80 siswa. Kelas kontrol menggunakan kelas MIA 8 yang berjumlah 40 siswa dan untuk kelas eksperimen menggunakan kelas MIA 7 berjumlah 40 siswa. Hasil pretest nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 55,18 dan pada kelas eksperimen adalah 55,25. Pada saat pelaksanaan posttest, nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah sebesar 74,27 dan pada kelas eksperimen sebesar 84,48. Pada perhitungan N-Gain, nilai siswa kelas eksperimen dengan kriteria tinggi yaitu sebesar 84,48 sedangkan kelas kontrol 74,27. Berdasarkan uji t-p-value < Sig. (2 tailed), diperoleh hasil 0,000<0,05, jadi dapat dinyatakan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode inquiry based learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Kata kunci: menulis, negosiasi, inquiry based learning.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ms Aisyah Sekar Sari
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:31
Last Modified: 21 Oct 2021 03:31
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/3615

Actions (login required)

View Item View Item