Gusty, Nency (2021) PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.
Text (BAB I)
BAB 1 (nency).pdf - Published Version Download (655kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (539kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang tahun ajaran 2021/2022. Penelitian yang dilakukan ini dilatarbelakangi rendahnya minat menulis siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang yang diketahui dari hasil wawancara dengan Guru Pengampu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 500 siswa dan jumlah sampel 80 siswa. Penentuan sampel dengan cara purposive sampling, yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 6 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode Project Based Learning dan kelas X IPA 7 yang menjadi kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja menulis teks biografi pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas yang menggunakan Metode Project Based Learning pada pretest dengan nilai 52,05, posttest dengan nilai 78,55 sedangkan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional pada saat pretest dengan nilai 50,6, posttest dengan nilai 70,27. Nilai t-hitung yang diperoleh dari uji-t adalah 8,548 dan jika dibandingkan dengan t-tabel 1,664 maka dapat dikatakan bahwa t-hitung> t-tabel. Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima dengan tingkat kepercayaan 95%. Ha pada penelitian ini diterima dan Ho di tolak, yang berarti metode Project Based Learning berhasil diterapkan pada materi ajar menulis teks biografi. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah metode Project Based Learning lebih berpengaruh dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi ajar menulis teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Kata Kunci: menulis, teks biografi, metode project based learning
Item Type: | Thesis (S-1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Nency Gusty |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 04:22 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 04:22 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/3617 |
Actions (login required)
View Item |