PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG

Gusty, Nency (2021) PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
BAB 1 (nency).pdf - Published Version

Download (655kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang tahun ajaran 2021/2022. Penelitian yang dilakukan ini dilatarbelakangi rendahnya minat menulis siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang yang diketahui dari hasil wawancara dengan Guru Pengampu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 500 siswa dan jumlah sampel 80 siswa. Penentuan sampel dengan cara purposive sampling, yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 6 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode Project Based Learning dan kelas X IPA 7 yang menjadi kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja menulis teks biografi pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas yang menggunakan Metode Project Based Learning pada pretest dengan nilai 52,05, posttest dengan nilai 78,55 sedangkan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional pada saat pretest dengan nilai 50,6, posttest dengan nilai 70,27. Nilai t-hitung yang diperoleh dari uji-t adalah 8,548 dan jika dibandingkan dengan t-tabel 1,664 maka dapat dikatakan bahwa t-hitung> t-tabel. Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima dengan tingkat kepercayaan 95%. Ha pada penelitian ini diterima dan Ho di tolak, yang berarti metode Project Based Learning berhasil diterapkan pada materi ajar menulis teks biografi. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah metode Project Based Learning lebih berpengaruh dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi ajar menulis teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Kata Kunci: menulis, teks biografi, metode project based learning

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nency Gusty
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:22
Last Modified: 21 Oct 2021 04:22
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/3617

Actions (login required)

View Item View Item