Analisis Radius Putar pada Bukaan Median Ruas Jalan KH Wahid Hasyim 5 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang

Utama, Ari Putra (2022) Analisis Radius Putar pada Bukaan Median Ruas Jalan KH Wahid Hasyim 5 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
BAB I REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu fasilitas kelengkapan jalan yang menjadi sumber kemacetan adalah median jalan dengan bukaan untuk putaran balik arah (U turn) terutama di Jalan KH Wahid Hasyim 5 ulu Palembang. Hal ini disebabkan oleh semakin tingginya pertumbuhan jumlah kendaraan yang belum seimbang dengan panjang jalan yang ada. Evaluasi terhadap besarnya radius putar di median jalan dengan bukaan sangat perlu dilakukan agar diketahui apakah fasilitas tersebut memenuhi persyaratan atau tidak, dan juga menganalisis waktu putar dan tempuh kendaraan sehingga dapat dilakukan untuk mengatasi kemacetan. Metode yang dilakukan untuk menganalisis dan mengevaluasi yaitu kondisi geometrik jalan, besarnya nilai radius putar yang ada dilapangan, waktu putar dan tempuh kendaraan. Hasil perhitungan dan analisis didapatkan nilai radius putar dengan kendaraan rencana yaitu mobil penumpang dengan posisi 1 yaitu sebesar 722 cm dan untuk posisi 2 yaitu sebesar 755 cm. Sedangkan kendaraan berat untuk posisi 1 yaitu sebesar 1144 cm dan untuk posisi 2 yaitu sebesar 1141 cm. Dari lokasi pengamatan, nilai radius putar yang tersedia dilapangan baik menggunakan mobil penumpang maupun kendaraan berat tidak memenuhi syarat minimum radius putar kecuali untuk posisi 2 dengan kendaraan rencana yaitu mobil penumpang. Untuk Waktu putar yang dilapangan dianalisis yaitu berkisar 4 – 25 detik. Waktu yang pendek (4 detik) bisa karena kendaraan yang memutar memilik panjang kendaran lebih pendek dari kendaraan rencana dan tidak adanya gangguan di sisi jalan seperti kondisi lalu lintas pada saat jam tidak sibuk. Selain itu dapat juga disebabkan kendaraan dari awal sudah mengambil posisi pada lajur luar sehingga lebih cepat untuk melakukan gerakan memutar. Waktu yang panjang (25 detik) bisa disebabkan karena volume lalu lintas yang ramai terutama jam sibuk yaitu jam makan siang atau pulang sekolah. Dan untuk Kecepatan tempuh kendaraan pada jam sibuk hari Senin di Arah Kertapati ke Simpang Flyover Jakabaring dengan kecepatan tempuh 26,55 km/jam pada pukul 06.00-08.00 WIB. Sedangkan untuk Arah Simpang Flyover Jakabaring ke Kertapati dengan kecepatan tempuh 29,27 km/jam pada pukul 11.00-13.00 WIB. Dan untuk hari Minggu di Arah Kertapati ke Simpang Flyover Jakabaring dengan kecepatan tempuh 27,36 km/jam pada pukul 11.00-13.00 WIB. Sedangkan di Arah Simpang Flyover Jakabaring ke Kertapati dengan kecepatan tempuh 26,77 km/jam pada pukul 16.00-18.00 WIB. Waktu terganggu tersebut disebabkan karena terjadinya aktivitas pergi bekerja atau sekolah, rekreasi, belanja dan aktivitas lainnya. Kata kunci : Median dengan bukaan, Radius Putar, Waktu putar kendaraan, Waktu tempuh kendaraan.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Tn Ari Putra Utama
Date Deposited: 12 Apr 2022 04:09
Last Modified: 12 Apr 2022 04:09
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/4686

Actions (login required)

View Item View Item