Lia, Santika (2022) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN DALAM MENULIS TEKS CERAMAH KELAS XI IPA1 SMA ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.
This is the latest version of this item.
Text (BAB I)
Dokumen dari Neni Eka Sari - Published Version Download (429kB) |
|
Text (BAB II)
lia. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
|
Text (BAB III)
lia BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
Text (BAB IV)
lia BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
|
Text (BAB V)
lia BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
Abstract
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis siswa terutama dalam pembelajran bahasa Indonesia, dan penguasaan kosakata siswa masih kurang.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks ceramah siswa kelas XI SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif korelasional dengan instrumen tes.Tes yang pertama soal pilihan ganda yang berhubungan dengan kosakata dan tes yang kedua menulis teks ceramah. Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI yang berjumlah 148 orang yang terdaftar pada tahun 2020/2021.Sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas XI IPA 1 SMA Islam Az-Zahrah Palembang.Berdasarkan hasil analisis data menggunakan program SPSS 26.Diperoleh nilai rata-rata penguasaan kosakata 75,29 dan nilai rata-rata kemampuan menulis teks ceramah 75,09. Hasil olahan dari program SPSS 26 menunjukkan bahwa hubungan antara penguasaan kosakata dan kemampuan menulis teks ceramah menghasilkan nilai koefisien korelasi uji One Sample Kolmogrove-smirnov sebesar 0,549 yang menunjukkan hubungan kedua variabel tersebut sangat kuat, dan arah yang menunjukkan hubungan yang positif serta diperoleh tingkat signifikan sebesar 0,922 yang lebih besar dari Ftabel 35 untuk kisaran 5% atau sebesar 0,05=0,3338. Jika rhitung ≥ rtabel maka Ha diterimah dan Ho ditolak. Sebaliknya, jika r hitung < dari rtabel maka Ha ditolak Ho diterimah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks ceramah. Dari hasil analisis tersebut, penulis menyarankan bahwa peran penting guru sangat berpengaruh terhadap siswa untuk menanamkan cara terampil dalam kegiatan menulis dan dalam menguasai kosakata supaya kemampuan menulis siswa terus meningkat dan mencapai batas kriteria ketuntasan minimal (KKM). Guru juga bisa meningkatkan keterampilan menulis siswa terutama dalam menulis teks ceramah dengan penguasaan kosakata yang banyak serta yang baik. Guru juga bisa meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan cara menyuruh siswa menulis cerpen, menulis teks ceramah, dan membuat kalimat. Kata kunci: kosakata, menulis teks ceramah.
Item Type: | Thesis (S-1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Lia Santika |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 03:11 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 03:11 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/5157 |
Available Versions of this Item
- HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN DALAM MENULIS TEKS CERAMAH KELAS XI IPA1 SMA ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG. (deposited 22 Apr 2022 03:11) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |