OCTORA, RIDHO (2022) ANALISA KEGAGALAN PADA BATANG KATUP MOTOR SUPRA X 125 FI. S-1 thesis, 021008 universitas tridinanti palembang.
Text (bab 1)
bab (1) panjetttttt.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (bab 2)
BAB II Repository panjet.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III repository panjet.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (20kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV repository panjet.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V repository panjet.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (20kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK “ANALISA KEGAGALAN PADA BATANG KATUP MOTOR SUPRA X 125 FI”. Tulisan ini membahas tentang kegagalan yang terjadi pada batang katup motor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kegagalan dan memberikan solusi apabila terjadi kasus yang sama pada material dan komponen yang sama. Studi pada analisa ini menggunakan metode uji kekerasan rockwell. Hasil analisa pertama setelah dilakukan pembongkaran pada head cylinder, block cylinder serta bak sebelah kiri. Didapati oli yang sudah sedikit dan juga didapati karet roll tensioner rantai klep yang aus. Bengkoknya katup bermula terjadi karena panas berlebih pada ruang bakar yang melebihi temperatur ideal ruang bakar, temperatur tinggi ini merambat ke katup yang mengakibatkan perubahan sifat mekanik pada katup, dan pada daerah terlemahlah yang mengalami bengkok setelah katup ini berbenturan dengan piston. Hal ini terjadi karena pengguna motor tersebut tidak rutin mengganti oli motor tersebut atau dapat dikatakan terlambat mengganti oli dalam waktu yang lumayan lama mengakibatkn berkurangnya jumlah oli yang menjadi sedikit serta kekentalannya berubah. Sementara itu pelumas dan juga pendingin adalah oli, dampak dari ini menjalar ke karet roll tensioner rantai klep yang mengalami keausan sehingga rantai klep menjadi kendur dan rantai klep melompat beberapa mata dari gigi sentrik, hal ini mengakibatkan katup dan piston berbenturan pada saat langkah usaha sehingga katup menjadi bengkok. Hasil dari pengujian kekerasan rockwell, nilai rata-rata kekerasan katup bengkok dibagian batang yang lurus berbeda dengan dibagian katup yang bengkok. Katup bagian batang yang lurus memperoleh nilai rata-rata kekerasan 102,3 HRB sedangkan dibagian bengkok memperoleh nilai rata-rata kekerasan 110,14 HRB. pada katup tersebut ternyata bagian bengkok lebih keras dari bagian yang lurus. Perilaku ini terjadi karena mengalami strain hardening. Kata kunci : analisa kegagalan, batang katup, motor supra x 125 fi.
Item Type: | Thesis (S-1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Ridho Ridho Octora Kedo |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 07:33 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 07:33 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/5926 |
Actions (login required)
View Item |