Oktasari, Ekarina (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMPN I BANYUASIN II. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.
Text (BAB 1)
BAB I .pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (551kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
Abstract
EKARINA OKTASARI, "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMPN I BANYUASIN II". DI BAWAH BIMBINGAN IBU F.A MILAWASRI, M.PD DAN BAPAK EDI SURYADI, M.PD Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran menggunakan metode demonstrasi berbantuan media audio visual terhadap kemampuan menyimak laporan teks hasil observasi pada siswa kelas VII SMPN I Banyuasin II. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas kelas VII A sebagaikelaseksperimendenganmenggunakan media audiovisual dalam pembelajaran dan kelas VII Bsebagai kelas control menggunakan metode pembelajaran konvensional dan sampel penelitian sebanyak 66 siswa. Teknik pengumpulan data mengggunakan tes (pretest dan posttest) dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha serta teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan Program SPSS 22,0. Variabel bebas (independent variable) dalam penelitian ini, yaitu media audiovisual, sedangkan variable terikat (dependent variable) yaitu kemampuan menyimak teks hasil observasi. Nilai rata-rata pretest kelas control adalah 61,52 dan rata-rata posttest kelas control adalah 69,97. Sedangkan, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 68,58 dan rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 74,67. Kemudian, pair sampel t-test untukkelaskontrolmemilikinilaihitung 10.018 dan pair sampel kelas eksperimen memiliki nilai hitung 8.465 dannilaihitungpenelitiankeduanya>nilaihitungtabelyaitu 0,3388 untukderajatkebebasan 32. Hipotesis penelitianyaitunilai thitung sebesar 2,309 dan jika dibandingkan dengan ttabel kisaran 64 dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu sebesar 0,2423. Hal ini berarti bahwa hipotesis penelitian Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikanantarapenggunaan media audiovisual dibandingkan metode konvensional dalam pembelajaran terhadap kemampuan menyimak dalam laporan teks hasil observasi siswa kelas VII SMPN 1 Banyuasin II. Kata kunci: media audiovisual, menyimaktekshasilobservasi
Item Type: | Thesis (S-1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Ms Ekarina Oktasari |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 04:46 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 04:46 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/5995 |
Actions (login required)
View Item |