PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMPN I BANYUASIN II

Oktasari, Ekarina (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMPN I BANYUASIN II. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB 1)
BAB I .pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

EKARINA OKTASARI, "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMPN I BANYUASIN II". DI BAWAH BIMBINGAN IBU F.A MILAWASRI, M.PD DAN BAPAK EDI SURYADI, M.PD Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran menggunakan metode demonstrasi berbantuan media audio visual terhadap kemampuan menyimak laporan teks hasil observasi pada siswa kelas VII SMPN I Banyuasin II. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas kelas VII A sebagaikelaseksperimendenganmenggunakan media audiovisual dalam pembelajaran dan kelas VII Bsebagai kelas control menggunakan metode pembelajaran konvensional dan sampel penelitian sebanyak 66 siswa. Teknik pengumpulan data mengggunakan tes (pretest dan posttest) dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha serta teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan Program SPSS 22,0. Variabel bebas (independent variable) dalam penelitian ini, yaitu media audiovisual, sedangkan variable terikat (dependent variable) yaitu kemampuan menyimak teks hasil observasi. Nilai rata-rata pretest kelas control adalah 61,52 dan rata-rata posttest kelas control adalah 69,97. Sedangkan, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 68,58 dan rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 74,67. Kemudian, pair sampel t-test untukkelaskontrolmemilikinilaihitung 10.018 dan pair sampel kelas eksperimen memiliki nilai hitung 8.465 dannilaihitungpenelitiankeduanya>nilaihitungtabelyaitu 0,3388 untukderajatkebebasan 32. Hipotesis penelitianyaitunilai thitung sebesar 2,309 dan jika dibandingkan dengan ttabel kisaran 64 dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu sebesar 0,2423. Hal ini berarti bahwa hipotesis penelitian Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikanantarapenggunaan media audiovisual dibandingkan metode konvensional dalam pembelajaran terhadap kemampuan menyimak dalam laporan teks hasil observasi siswa kelas VII SMPN 1 Banyuasin II. Kata kunci: media audiovisual, menyimaktekshasilobservasi

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ms Ekarina Oktasari
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:46
Last Modified: 19 Oct 2022 04:46
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/5995

Actions (login required)

View Item View Item