Yusuf, Muhammad (2022) ANALISIS KINERJA DAN MIKROSIMULASI SIMPANG BERSINYAL PASAR KUTO TERHADAP KONSUMSI BBM DAN EMISI GAS BUANG KENDARAAN. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (984kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (567kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (731kB) | Request a copy |
Abstract
Simpang Pasar Kuto merupakan persimpangan dengan kepadatan yang tinggi, terutama pada arus jam puncak, hal ini dapat dilihat dari panjang antrian dan tundaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja simpang pada kondisi eksisting serta memberikan alternatif waktu siklus yang efektif dengan pedoman PKJI 2014 dan software PTV Vissim. Data primer pada penelitian ini adalah volume lalu lintas, hambatan samping, geometri jalan, sedangkan data sekunder yang diperlukan adalah, data jumlah penduduk, nilai baku mutu emisi. Pengambilan data dilakukan dalam satu hari selama Sembilan jam di jam puncak pada hari kerja. Hasil analisis kinerja simpang menggunakan PKJI 2014, didapat nilai DJ <0,85 pada keempat jalan, sesuai dengan standar ketentuan PKJI 2014. Nilai tundaan pada jalan Dr. M. Isa (utara) 41,17 det/skr masuk kategori tingkat pelayanan D, jalan Perintis Kemerdekaan 42,47 det/skr masuk kategori tingkat pelayanan D, jalan Dr. M. Isa (selatan) 46,71 det/skr masuk kategori tingkat pelayanan E, dan jalan Veteran 50,75 det/skr masuk kategori tingkat pelayanan D. Nilai tundaan rata-rata 48,68 det/skr masuk kategori tingkat pelayanan D. Hasil software PTV Vissim Kuto pada kondisi eksisting dengan nilai tundaan 53,24 detik/skr didapat nilai emisi CO = 2017,18 ppm, NOx = 392,47 ppm, VOC/HC = 467,5 ppm, dan untuk konsumsi BBM didapat 109,22 liter. Hasil mikrosimulasi pada kondisi alternatif, dengan merubah waktu siklus menjadi 85 detik dari yang sebelumnya 110 detik, didapat hasil tundaan menurun sebesar 32% dengan nilai 35,68 detik/kend dari kondisi eksisting 53,24 detik/kend, dan untuk nilai emisi gas buang kendaraan serta konsumsi bahan bakar minyak juga menurun sebesar 12%. Kata Kunci : Kinerja simpang bersinyal, PKJI 2014, PTV Vissim, Emisi gas buang kendaraan.
Item Type: | Thesis (S-1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Tn Muhammad Yusuf |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 20:19 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 20:19 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/6049 |
Actions (login required)
View Item |