PENGARUH KEPUASAN KERJA, KOMPENSASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN DI AUTO 2000 TANJUNG API-API PALEMBANG

Krismon, Kalviano (2023) PENGARUH KEPUASAN KERJA, KOMPENSASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN DI AUTO 2000 TANJUNG API-API PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (Bab 1)
skripsi kalviano krismon bab 1.pdf - Published Version

Download (785kB)
[img] Text (Bab 2)
kalviano krismon Bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
kalviano krismon bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
Kalviano krismon BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
kalviano krismon Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

KALVIANO KRISMON. Pengaruh Kepuasan Kerja, Kompensasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Loyalitas Karyawan di Auto 2000 Tanjung Api – Api Palembang. (di bawah bimbingan Bapak M.A. Baidowi, S.E., MM dan Ibu Hasyunah S.E., M.M) PT. Astra International Toyota Sales Operation merupakan salah satu divisi dari PT. Astra International, Inc., yang berkedudukan di Jakarta. Perusahaan ini didirikan oleh William Soerjawidjaya. AUTO 2000 merupakan penyalur tunggal dari kendaraan bermotor merek Toyota di Indonesia yang bekerja sama dengan Toyota Motor Sales, Co.Ltd. Dalam observasi yang telah dilakukan penulis terlihat ada beberapa masalah yang telah ditemukan seperti, pemimpin dalam memberikan arahan berupa tugas yang telah ditentukan masih belum optimal, sebab masih terdapat ketidak merataan kinerja karyawan yang disebakan karena kemampuan yang dimiliki setiap karyawan yang berbeda-beda, sehingga berdampak secara langsung terhadap penyelesaian tugasnya.masih banyak yang tidak percaya diri terhadap rasa cinta dan tanggung jawab terhadap perusahaan. masalah yang telah ditemukan seperti karyawan tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu. Selain itu, pekerjaan yang diberikan pimpinan kepada karyawannya belum sepenuhnya dapat diselesaikan. Dilihat dari tanggung jawab karyawan terhadap tugas yang diberikan, masih ada karyawan yang belum dapat menuntaskan pekerjaan tersebut dengan baik, karyawan berpendapat masih belum adanya sebuah penghargaan bagi karyawan yang telah berkerja secara maksimal, serta masih kurangnya bimbingan dari atasan, ada beberapa karyawan yang tidak memperoleh kepuasan kerja sehingga timbul sikap atau tingkah laku negatif, seperti tidak mengerjakan pekerjaan tepat waktu, sering datang terlambat, dan tidak hadir tanpa pemberitahuan, dan juga ada beberapa karyawan merasa perusahaan tidak memperhatikan hasil kerjanya sehingga menimbulkan rasa frustasi dan akan berdampak negatif bagi perusahaan, masih kurangnya kesadaran beberapa karyawan tentang pentingnya disiplin kerja karyawan ini di buktikan dengan masih banyak pekerjaan yang tertumpuk yang belum di selesaikan, masih adanya karyawan yang datang terlambat masuk kantor ini, adanya karyawan yang datang terlambat setelah jam istirahat, selain itu masih ada karyawan yang tidak berada diruangan atau ditempat kerja pada saat jam kerja sedang berlangsung, meskipun masih banyak pekejaan yang harus diselesaikan diantaranya melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawabnya dan peraturan sehingga dapat mempengaruhi kinerja karyawan dan berakibat pada gagalnya pencapaian tujuan organisasi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa karyawan yang loyal terhadap perusahaan adalah karyawan yang mempunyai kemauan dalam bekerja sama untuk kesediaan mengorbankan diri, kesediaan melakukan pengawasan diri dan kemauan dalam bekerja sehingga membuat turunnya kerja karyawan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh antara variabel motivasi kerja, kepuasan kerja dan disiplin kerja baik secara simultan maupun parsial terhadap kinerja karyawan di Auto 2000 Tanjung Api-Api Palembang. Penelitian menggunakan menggunakan metode angket untuk mendapatkan data mengenai kepuasan kerja (X1), kompensasi (X2), kepemimpinan (X3) dan loyalitas karyawan (Y). Pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi dan analisis koefisien determinasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji secara simultan dan uji secara parsial (uji t). Hasil uji instrument untuk uji validitas adalah seluruh kuesioner valid, uji reliabilitas adalah seluruh kuesioner reliabel. Dari uji asumsi klasik didapatkan hasil Tidak ak ada gejala multikolinearitas pada setiap variabel bebas, tidak ada gejala heteroskedastisitas pada setiap variabel bebas, dan nilai residual berdistribusi normal. Dari analisis regreasi linier berganda mendapat persamaan linier Y = (-2867) + 0,371X1 + 0,220X2 + 0,293X3 + e , Analisis koefisien korelasi untuk variabel bebas dinyatak memiliki hubungan yang searah dan sangat kuat, koefisien determinasi sebesar 88,8%. Dari uji F dinyatakan H1 diterima, dari uji t dinyatakan H2 dan H4 diterima dan H3 ditolak. Hasil dari penelitian ini yang pertama adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan kerja, kompensadi dan gaya kepemimpinan secara simultan terhadap loyalitas karyawan di Auto 2000 Tanjung Api-Api Palembang, kedua terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepuasan kerja secara parsial terhadap loyalitas karyawan di Auto 2000 Tanjung Api-Api Palembang, ketiga tidak terdapat pengaruh kompensasi secara parsial terhadap loyalitas karyawan di Auto 2000 Tanjung Api-Api Palembang dan yang keempat adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan terhadap loyalitas karyawan di Auto 2000 Tanjung Api-Api Palembang.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen
Depositing User: Tn Kalviano krismon
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:10
Last Modified: 13 Apr 2023 03:10
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/6528

Actions (login required)

View Item View Item