PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS ULASAN FILM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANYUASIN 1

Adelia, Sinta (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS ULASAN FILM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANYUASIN 1. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (BAB I)
DAFTAR IS1_merged_merged.pdf - Published Version

Download (785kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (Bab V)
skripsi bab 5 sinta.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adakah pengaruh yang signifikan media canva terhadap kemampuan menganalisis struktur teks ulasan film pada siswa kelaS VIII SMP Negeri 4 Banyuasin 1. Tujuan penelitian ini di rancang untuk mengetahui pengaruh penggunaan media canva terhadap kemampuan menganalisis struktur teks ulasan film dibandingkan dengan media teks cetak pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banyuasin 1. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 5 kelas VIII SMP Negeri 4 Banyuasin 1 dengan jumlah siswa 135. Pengumpulan data menggunakan metode pre test-post test control group design. Uji persyaratan analisis uji normalitas, homogenitas, paired saples test, dan uji hipotesis data. Analisis data dihitung menggunakan aplikasi program SPSS versi 25. Berdasarkan analisis hasil didapatkan adalah t hitung yaitu 14.653 lebih besar bila dibandingkan dengan t table yang sebesar 1.706. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre test dengan post test menganalisis struktur teks ulasan film pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banyuasin 1. Diketahui jika hasil rata-rata post test kelas eksperimen yaitu sebesar 85.59 Telah menunjukkan peningkatan dari hasil pre test yang sebesar 62.11 menganalisis struktur teks ulasan film, siswa lebih aktif serta suasana pembelajaran tidak membosankan. Melalui hasil analisis uji t pada skor post test kelas eksperimen dan kontrol didapatkan nilai sebesar 3.178 Nilai tersebut apabila dibandingkan t table sebesar 1.675 maka lebih besar (3.178 > 1.675). Jadi, dapat disimpulkan bahwa media canva lebih berpengaruh dibandingkan media teks cetak pada pembelajaran menganalisis struktur teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banyuasin 1. Kata kunci: Pengaruh, media canva, teks ulasan.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ms Sinta Adelia
Date Deposited: 18 Apr 2023 05:56
Last Modified: 18 Apr 2023 05:56
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/6758

Actions (login required)

View Item View Item