ANALISIS PEMASARAN TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT PETANI DESA SIMPANG HERAN KECAMATAN AIR SUGIAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR SUMATRA SELATAN

ADI PRATAMA, IMAM (2023) ANALISIS PEMASARAN TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT PETANI DESA SIMPANG HERAN KECAMATAN AIR SUGIAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR SUMATRA SELATAN. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (833kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (803kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK IMAM ADI PRATAMA. Analisis Pemasaran tandan buah segar kelapa sawit di Desa Simpang Heran Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Ilir. Dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. H. EDIZAL AE, M.S dan Ir. INDRAWANI SINOEM M,S. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efesiensi pemasaran dan keuntungan lembaga pemasran tandan buah segar (TBS) kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Simpang Heran Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir pada bulan Febuari sampai April 2023. Jumlah responden petani 20 orang yaitu, 10 orang petani yang menjual ke pedagang pengepul I dan 10 orang menjual ke pedang pengepul II. Pedagang pengepul 1 orang menjual ke pabrik (CPO) PT. Selatan Agro Makmur Lestari dan 1 orang menjual ke pabrik (CPO) PT. Andira. Metode pengolahan data dalam penelitian ini mengunakan deskriptif dan untuk menghitung biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, efesiensi pemasaran menggunakan analisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwah, ada dua strata petani yaitu, (1).starata I petani – pedagang pengepul – pabrik CPO (PT. Selatan Agro Makmur Lestari) dan, (2). Strata II petani – pedagang pengepul – pabrik CPO (PT. Andira). Berdasarkan nilai efesiensi pemasaran bahwa strata I lebih efesien di banding strata ll dilihat dari margin pemasarn strata l yaitu 350 sedangkan strata ll yaitu 500 dan nilai famer’s share yang di dapat strata l yaitu 82% dan strata ll yaitu 75%. Tingkat keuntungan pedagang pengempul strata l yaitu Rp 180/kg sedangkan pedagang pengepul strata ll mendapatkan keuntungan Rp 66,7/kg. Kata kunci : Efesiensi Pemasaran dan Keuntungan Pemasaran.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Imam Adi Pratama Imam
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:12
Last Modified: 19 Oct 2023 07:12
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/7610

Actions (login required)

View Item View Item