OPTIMASI JUMLAH PIT SERVIS BENGKEL SEPEDA MOTOR DENGAN PENDEKATAN TEORI ANTRIAN (Studi Kasus Di Bengkel Yamaha PT. Thamrin Brothers Sako Palembang)

Satria, Alby (2022) OPTIMASI JUMLAH PIT SERVIS BENGKEL SEPEDA MOTOR DENGAN PENDEKATAN TEORI ANTRIAN (Studi Kasus Di Bengkel Yamaha PT. Thamrin Brothers Sako Palembang). S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (599kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy

Abstract

Sepeda motor merupakan kendaraan yang sangat diminati masyarakat. Harganya yang bisa dijangkau dan cara pembelian yang mudah menjadi faktor kenapa kendaraan ini banyak dimiliki. Mulai dari anak sekolah hingga pekerja kantoran banyak yang menggunakan motor. Perawatan sepeda motor secara berkala sangat penting dilakukan agar tidak menimbulkan msalah dalam pemakaian moda transportasi tersebut. Bengkel yamaha PT. Thamrin Brothers cabang sako kenten merupakan salah satu cabang bengkel resmi sepeda motor merek Yamaha yang dimiliki oleh PT. Thamrin Brothers yang fokus melayani perawatan sepeda motor merek yamaha. Penelitian ini merupakan penelitian dekskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan jumlah pit sepeda motor yang tersedia, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja mekanik dan efektivitas pit sepeda motor pada bengkel tersebut. Dari penelitian yang telah dilakukan selama delapan jam kerja didalam lima belas hari, diperoleh data jumlah rata-rata kedatangan pelanggan adalah 13 pelanggan, tingkat kedatangan pelanggan=2,11 dan tingkat pelayanan pelanggan=1,19. Kemudian data tersebut digunakan dalam menentukan jumlah rata-rata pelanggan yang menunggu dalam sistem antrian adalah 2 pelanggan, rata-rata satu pelanggan menunggu dalam sistem antrian sebesar 2 pelanggan, dan probabilitas mekanik untuk berada dalam kondisi sibuk adalah 0,19. Analisis hasil penelitian tersebut digunakan untuk penguraian necessary condition ditambah dengan rata-rata pendapatan mekanik tiap satu bulan dan rata-rata biaya servis setiap sepeda motor, sehingga diperoleh jumlah pit yang optimal adalah 3 unit. Kata kunci : Optimal, Antrian, Pit, Bengkel Servis Sepeda Motor,Dan Yamaha.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Tn alby satria
Date Deposited: 27 Dec 2023 06:36
Last Modified: 27 Dec 2023 06:36
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/7952

Actions (login required)

View Item View Item