PEMILIHAN PEMASARAN PRODUK INDUSTRI MIKRO DAN KECIL BERBASIS ONLINE

GHAFAR, MUHAMMAD SANDY (2024) PEMILIHAN PEMASARAN PRODUK INDUSTRI MIKRO DAN KECIL BERBASIS ONLINE. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (BAB I)
BAB I_.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (856kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Industri Mikro dan Kecil (IMK) merupakan bagian dari industri manufaktur yang dikenal karena sifat usahanya yang padat karya dan minim modal. Pada kenyataannya peningkatan kinerja IMK masih terkendala sejumlah permasalahan klasik yang belum terselesaikan. Sumber daya manusia (SDM), modal, bahan baku, pemasaran, kemitraan dan pemanfaatan teknologi/informasi merupakan sebagian dari permasalahan yang dihadapi. Kehadiran pandemi Covid-19 menambah permasalahan yang dihadapi IMK. Menurunnya daya beli masyarakat, harga bahan baku meningkat, terhambatnya distribusi bahan baku dan pemasaran akibat aturan mobilitas yang diperketat, merupakan sebagian dampak yang dirasakan IMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan jenis IMK berdasarkan jenis KBLI. Memilih kriteria dan alternatif yang paling banyak digunakan oleh pelaku usaha untuk peningkatan pemasaran usaha berbasis sistem Online. Mendapatkan peringkat kriteria dan alternatif yang paling banyak diminati pelaku usaha. Pada pemilihan strategi pemasaran, urutan kriteria yang dipilih adalah aplikasi yang deskriptif dengan nilai 41.3 %, tampilan aplikasi yang representatif dengan nilai 32.7 %, dan aplikasi yang mudah digunakan dengan nilai 26.0 %. Untuk urutan alternatif yang dipilih adalah Social media dengan nilai 56.1 %, Direct messaging dengan nilai 28.1%, dan website dengan nilai 28.1 %. Hal ini berarti social media merupakan platform yang sangat penting digunakan dalam strategi pemasaran yang dimanfaatkan oleh sebagian besar pelaku usaha. Kata Kunci : Industri Mikro Kecil, Analsisi Klaster, Analytical Hierarki Process

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Tn Muhammad Sandy Ghafar
Date Deposited: 20 Apr 2024 03:29
Last Modified: 20 Apr 2024 03:29
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/8616

Actions (login required)

View Item View Item