PEMANFAATAN LIVEWORKSHEETS TERHADAP LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (e-LKPD) TEKS BIOGRAFI KELAS X SMK NEGERI 5 PALEMBANG

Syafitri, Juwita (2024) PEMANFAATAN LIVEWORKSHEETS TERHADAP LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (e-LKPD) TEKS BIOGRAFI KELAS X SMK NEGERI 5 PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Liveworksheets terhadap e-LKPD secara mendalam. Pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk menggali dan mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Liveworksheets terhadap e-LKPD secara mendalam. Metode ini cocok untuk memperoleh wawasan yang holistik dan mendetail tentang e-LKPD dalam konteks pendidikan. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 5 Palembang. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari sekitar 10%-12% dari populasi peserta didik di kelas X dan 6 orang guru bahasa Indonesia yang mengajar di sekolah tersebut. Pemilihan sampel ini dilakukan untuk memastikan representativitas data yang diperoleh. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan informasi terkait penggunaan e-LKPD, seperti materi e-LKPD yang digunakan, catatan guru, dan hasil pekerjaan peserta didik. Wawancara dilakukan dengan peserta didik dan guru untuk mendapatkan pandangan mereka. Keabsahan data diuji melalui validator yang menilai konsistensi dan akurasi data yang dikumpulkan. Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga langkah utama, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Liveworksheets terhadap e-LKPD teks biograf dapat mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Pemanfaatan aplikasi Liveworksheets terhadap e-LKPD terbukti tidak hanya membantu peserta didik dalam memahami materi dengan lebih baik tetapi juga mempermudah guru dalam proses pengajaran. Oleh karena itu, aplikasi Liveworksheets terhadap e-LKPD dapat dianggap sebagai alat yang bermanfaat dalam konteks pembelajaran di SMK dan mungkin juga dapat diterapkan dalam konteks pendidikan lainnya.

Item Type: Thesis (S-1)
Uncontrolled Keywords: Agustin, S. T. (2022). Pengembangan E-LKPD berbasis bontekstual menggunakan liveworksheets pada materi konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial kelas VII di SMP Negeri 3 Jember . Jember: Universitas Islam Negeri KIAI Haji Achmad Siddiq Jember. Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan ajar sebagai bagian dalam kajian problematika pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 62-65. Alwan, M. (2018). Pengembangan multimedia E-Book 3D berbasis mobile learning untuk mata pelajaran geografi SMA guna mendukung pembelajaran jarak jauh . Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 26-40. Aprinastuti, C., Fajar, A. P., Damayanti , Y., Ghazia, M. P., Prasetyawan, A., Putri, C. K., . . . Puspita, V. A. (2023). Special book for media tutorial ICT based learning. Yogyakarta: Stiletto Book. Ario, F. (2020). Modul pembelajaran SMA bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jendral PAUD, DIKNAS dan DIKMEN. Diniaty , A., & Atun, S. (2015). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) industri kecil kimia berorientasi kewirausahaan untuk SMK . Jurnal Inovasi IPA, 46-56. Fadhallah. (2020). Wawancara. Pulo Gadung: UNJ Press. Fajarini, A., & Adi, D. P. (2021). Pengembangan bahan ajar IPS . Depok: Komojoyo Press. Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian kualitatif studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi. Purwokerto: CV. Pena Persada. Harefa, N. A., & Zebua, T. M. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) bahasa Indonesia kelas VII SMP berbasis explicit instruction pada materi menulis surat dinas. TA'EHAO Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1-9. Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Jakarta: Bumi Aksara. Murdiyanto, E. (2020). Penelitian kualitatif (teori dan aplikasi disertai contoh proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat. Oktaviami, H. N. (2022). Pengembangan E-LKPD berbasis POE (Predict - Observe - Explain) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA kelas X. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo. Rabiah, R. A., Hermaiyah, A., & Susanti, D (2020). Teks biografi "meneladani kisah hidup seseorang lewat pengalaman" . Medan: Guepedia. Rukmana , A. D., Nasrullah , D., Tsani , W. F., Pamungkas , W. A., Fitriyani, C. R., Pratiwi , R. E., . . . Maesaroh. (2022). Bahan ajar bahasa Indonesia untuk SMA/MA tingkat dasar. Magelang: Pustaka Rumah C1nta. Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam , 1-12. Saparuddin. (2022). Inovasi pembelajaran . Sukabumi: CV Jejak. Sofiyana, M. S., Sukhoiri, Aswan, N., Munthe, B., W, L. A., Jannah, R., . . . Herman. (2022). Metodologi penelitian pendidikan. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi. Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan . Jakarta: Kencana . Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The importance of the student worksheets of electroric (E-LKPD) contextual teaching and learning (CTL) in learning to write description text during pandemic COVID-19. Proceedings of the 3rd International Conference on Language,Literature, and Education (ICLLE 2020), 284-287. Triana, N. (2021). LKPD berbasi eksperimen: tingkatkan hasil belajar siswa. Jakarta:Guepedia. Wahyuni, S. (2020). Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran biologi kelas XI SMA negeri 5 Jeneponto. Makassar: Universitas Negeri Makassar. Yuberti. (2014). Teori pembelajaran dan pengembangan bahan ajar dalam pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ny Juwita Syafitri
Date Deposited: 05 Oct 2024 03:52
Last Modified: 05 Oct 2024 03:52
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/8992

Actions (login required)

View Item View Item